BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017

Catatan Menarik di Indonesia Open 2017

Alfa Mandalika    •    19 Juni 2017 12:53 WIB
indonesia open super series premier 2017
Catatan Menarik di Indonesia Open 2017
Pebulu Tangkis India, Kidambi Srikanth. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia Open Super Series Premier 2017 sudah selesai dihelat kemarin, Minggu 18 Juni. Ajang berhadiah Rp13,5 miliar ini boleh dibilang menghadirkan banyak kejutan.

Indonesia yang menjadi tuan rumah berhasil mencuri satu gelar di nomor ganda campuran yang diwakili oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Ganda yang karib disapa Owi/Butet menundukkan ganda Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen.

Sementara itu, terjadi kejutan di nomor tunggal putra. Pebulu tangkis India, Kidambi Srikanth di luar dugaan mampu menjuarai Indonesia Open. Hasil ini seakan memberikan sinyal bahwa bulu tangkis India sudah mulai mencuri perhatian dunia.

Baca: Perjalanan Tontowi/Liliyana Meraih Juara Indonesia Open 2017


Berikut sejumlah catatan menarik yang dirangkum Metrotvnews.com:

- Pebulu Tangkis India, Srikanth Kidambi menjadi kejutan di Indonesia Open 2017. Bagaimana tidak, ia mampu melewati adangan Lee Chong Wei dan Chen Long. Bahkan, ia menjuarai Indonesia Open untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. 

Selain itu, Kidambi menjadi tunggal putra India pertama yang menjadi juara di Indonesia.

- Dalam tiga tahun terakhir Indonesia Open, juara tunggal putri diwakili tiga negara berbeda. Teranyar, pebulu tangkis Jepang, Sayako Sato menjadi juara. Hal ini menandakan persaingan tunggal putri kian sengit.

- Tim Tiongkok menyamai pencapaian Indonesia Open 2015. Ketika itu mereka memborong dua gelar sama seperti tahun ini. Rekor terbanyak Tiongkok meraih gelar di Indonesia Open terjadi pada 2011 dengan memboyong empat gelar.

Baca: Daftar Juara Indonesia Open 2017


- Indonesia akhirnya menyegel gelar juara di Indonesia Open 2017. Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juara setelah mengalahkan wakil Tiongkok pada babak final. Terakhir, Indonesia merebut juara pada 2013 di nomor ganda putra yang diwakili Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

- Sejak berpasangan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kerap kesulitan menjuarai Indonesia Open. Namun, pada ajang tahun ini, mereka mampu mempersembahkan gelar juara untuk seluruh fan Tanah Air.

Video: Owi/Butet Juara Indonesia Open 2017
 


(ASM)