Korea Open Super Series 2017

Jonatan Lolos, Indonesia Berpeluang Ciptakan All Indonesian Final

Achmad Firdaus    •    15 September 2017 16:18 WIB
bulu tangkis
Jonatan Lolos, Indonesia Berpeluang Ciptakan All Indonesian Final
Jonatan Christie saat tampil di SEA Games 2017, Malaysia (Foto: ANATRA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Seoul: Indonesia berpeluang menciptakan All Indonesian Final di sektor tunggal putra ajang Korea Open Super Series 2017. Itu tidak lepas dari kesuksesan Jonatan Christie lolos ke babak semifinal.

Jonatan lolos usai mengalahkan wakil Jepang, Kazumasa Sakai di babak perempat final, Jumat 15 September 2017. Jojo -sapaan akrab Jonatan- memenangi duel sengit tiga game yang berdurasi 52 menit.

Jonatan mengawali duel melawan Sakai dengan baik. Di game pertama, Jonatan tampil sangat dominan dan berhasil unggul jauh 8-0. Dominasi itu terus dipertahankan Jojo hingga akhirnya menutup game pertama dengan meyakinkan, 21-13.

Di game kedua, Sakai bangkit dan tampil ofensif. Sebaliknya, Jonatan justru tampil tertekan dan harus tertinggal cukup jauh 4-15. Selisih poin yang sangat jauh tak mampu diatasi Jonatan hingga akhir harus menyerah 16-21.
 

Baca: Kalahkan Juara Dunia, Marcus/Kevin Melaju ke Semifinal


Memasuki game penentuan, Jonatan kembali tampil menyerang dan mampu unggul jauh 12-3. Penurunan performa sempat ditunjukkan Jonatan memasuki pertengan game sehingga memberikan kesempatan pada Sakai untuk mengikis selisih poin menjadi hanya satu poin 16-17.

Untungnya, di momen-momen krusial tersebut, Jojo mampu menjaga performanya hingga akhirnya sukses menutup pertandingan dengan skor 21-19.
 

Baca juga: Tundukkan Wakil Jepang, Anthony Ginting Mulus ke Semifinal


Dengan kemenangan ini, Indonesia memiliki dua wakil di babak semifinal. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting sudah lebih dulu melaju ke babak semifinal usai mengalahkan wakil Jepang lainnya, Kenta Nishimoto 21-19, 21-13.

Kesuksesan Jonatan dan Anthony membuka peluang terciptanya All Indonesian Final. Untuk mewujudkan hal itu, Jonatan harus lebih dulu menaklukkan unggulan tujuh asal Taiwan, Wang Tzu Wei. Adapun, Anthony harus berhadapan dengan wakil tuan rumah sekaligus unggulan pertama, Son Wan Ho.

Di sektor ganda putri, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke semifinal usai takluk dari pasangan unggulan pertama asal Jepang, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi dengan straight game, 21-15 dan 21-13.

Video: ?Pesan Indra Sjafri untuk Timnas U-19 Sebelum Lawan Thailand



(ACF)