Japan Open Super Series 2017

Evaluasi Marcus/Kevin Usai Jadi Juara di Jepang

Kautsar Halim    •    24 September 2017 14:42 WIB
bulu tangkis
Evaluasi Marcus/Kevin Usai Jadi Juara di Jepang
Marcus/Kevin berpose dengan medali dan trofi juara Japan Open Super Series 2017. (Foto: Humas PBSI)

Metrotvnews.com, Tokyo: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon memang berhasil menjuarai Japan Open Super Series 2017. Akan tetapi, prestasi itu tidak didapat dengan mudah karena keduanya melalui lima laga berat sejak babak pertama.
 
Kepastian Marcus/Kevin sebagai juara baru diketahui setelah menaklukkan wakil Jepang Takuto Inoue/Yuki Kaneko pada fase final, Minggu 24 September. Kemenangan itu mereka raih dengan mudah karena Inoue/Kaneko hanya mampu bertahan selama 30 menit.
 
Perjuangan terberat Marcus/Kevin memang bukan pada final. Pasalnya, mereka baru terlihat susah payah untuk memenangkan laga pada awal-awal turnamen atau tepatnya pada babak pertama, babak kedua, dan perempat final. 


Klik: Marcus/Kevin Rebut Gelar Juara di Jepang 

 
Setelah itu, perjalanan Marcus/Kevin untuk merebut gelar juara seakan dipermuda karena lawan-lawannya bisa ditekuk lewat skor straight game dan tanpa memainkan angka deuce. 
 
“Secara keseluruhan kami main cukup bagus. Mungkin awal-awalnya hanya kurang menguasai lapangan saja. Kemudian, shuttlecocknya juga beda dari Korea Open kemarin. Setelah itu kami sudah enak mainnya dan lebih menguasai lapangan," ujar Marcus mengevaluasi penampilannya dengan Kevin di Japan Open Super Series 2017.
 
“Kalau saya pribadi secara keseluruhan cukup puas dengan permainan kami, khususnya pada semifinal dan final. Saya merasa cukup enjoy dan nyaman main di Jepang kali ini,” timpal Kevin.

Penampilan Marcus/Kevin di final Japan Open Super Series 2017. (Foto: Humas PBSI)

Klik: Persiapan Asian Games, Pelari Ini Juarai Sunset Trail Marathon 2017 

 
Gelar Japan Open Super Series merupakan penghargaan keempat buat Kevin/Marcus di sepanjang 2017. Sebelumnya, Marcus/Kevin juga berhasil menjuarai event All England, India Open Super Series dan Malaysia Open Super Series Premier 2017. Bagi Kevin, prestasi terbarunya ini sangat baik untuk meningkatkan mentalitas bertanding.
 
“Gelar ini sangat berarti buat kami berdua. Karena kemarin-kemarin sempat kalah terus, hingga akhirnya kami bisa bangkit lagi. Jadi, gelar ini bagus buat menambah kepercayaan diri kami,” tutup Kevin.
 
Marcus/Kevin merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil melangkah ke final dan merebut gelar juara Japan Open Super Series 2017. Tren positif itu gagal diikuti ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto yang sempat dikalahkan pada semifinal.
 
Berikut rekam jejak Kevin/Marcus di Japan Open Super Series 2017: 
 
Babak 1
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 
vs      27-25, 21-15
Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)
 
Babak 2
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 
vs      21-13, 11-21, 21-18
Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)
 
Perempat Final
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 
vs     21-19, 22-20 
Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)
 
Semifinal
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 
vs      21-15, 21-14
Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark)
 
Final    
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
vs      21-12, 21-15 
Takuto Inoue/Yuki Kaneko (Jepang) 
 

(KAU)