Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017

Meski Cuma Raih Dua Gelar, Wiranto Tetap Bangga

Rendy Renuki H    •    29 Agustus 2017 21:09 WIB
bulu tangkis
Meski Cuma Raih Dua Gelar, Wiranto Tetap Bangga
Ketum PBSI Wiranto (kemeja putih) saat menyambut rombongan bulu tangkis yang ikut Kejuaraan Dunia di Glasgow, Skotlandia-MTVN/Rendy

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wiranto menjemput kepulangan rombongan pemain yang berlaga di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa 29 Agustus. Ia merasa bangga, walau hanya meraih dua gelar pada kejuaraan yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia.

Dua gelar diraih Owi/Butet yang sukses jadi juara dunia usai mengalahkan ganda campuran Tiongkok Zhang Zheng Siwei/Chen Qingchen dengan 15-21, 21-16, dan 21-15. Satu gelar lagi, disumbang ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, yang meraih medali perak usai takluk dari wakil Tiongkok Liu Cheng/Zhang Nan 10-21 dan 17-21.

"Saya berada di Soetta untuk menjemput kedatangan para pemain kita yang berlaga di Kejuaraan Dunia Glasgow. Syukur Alhamdulillah kita diberi satu medali emas dan perak," ucap Wiranto saat jumpa pers.

Baca juga: Jonatan Christie Sumbang Emas untuk Indonesia

"Itu bukan prestasi yang mudah. Karena harus pertahankan stamina, teknik, harus sampai puncak prestasi yang dibutuhkan saat yang tepat. Termasuk Rian dan Ahsan ini, juga merupakan suatu prestasi sangat membanggakan," kata Wiranto.

Sementara, Chief de Mission kontingen Indonesia di Kejuaraan Dunia Ahmad Budiharto, mengatakan gelar ini dipersembahkan untuk HUT ke-72 RI. Ia bersyukur Indonesia masih bisa meraih juara, meski diakuinya skuat yang berangkat ke Glasgow terbilang minim.

Baca juga: Atlet Indonesia Nyaris Tewas Diterjang Badai Saat Lomba

"Kita memberikan kado yang istimewa untuk HUT ke-72 RI. Tim Glasgow menjadi tim yang terkecil pernah kita berangkatkan ke Kejuaraan Dunia. Tapi tim terkecil dengan tekad terbesar. Alhamdulillah memberikan hasil yang memuaskan," kata Budi.

"Kita bisa mempersembahkan satu gelar juara dunia dengan keterbatasannya Owi/Butet. Apresiasi tinggi kepada pasangan Ahsan/Rian yang tadinya tidak diperhitungkan, sampai bisa final itu hal luar biasa," lanjut Budi.

Video: Jonatan Christie Sumbang Medali Emas Bulu Tangkis
 


(RIZ)