Bulu Tangkis

Mulai Tahun Depan, Turnamen Bulu Tangkis akan Dibagi dalam Enam Level

Media Indonesia    •    20 Maret 2017 17:04 WIB
bulu tangkis
Mulai Tahun Depan, Turnamen Bulu Tangkis akan Dibagi dalam Enam Level
Suasana pertandingan BWF Dubai World Superseries Finals 2016 di sektor ganda putri (Foto: AFP PHOTO / STRINGER)

Metrotvnews.com, Jakarta: Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah mengeluarkan skema baru turnamen yang akan mulai diberlakukan pada 2018 hingga 2021.

BWF memastikan juga akan meningkatkan hadiah uang untuk meningkatkan gengsi bulu tangkis. Akan ada empat turnamen yang menyediakan hadiah sedikitnya US$1 juta atau setara Rp13 miliar.

Tidak hanya itu, BWF juga sedang mempertimbangkan untuk menerapkan aturan baru soal poin, iklan, hingga warna lapangan.
 

Baca: Indonesia, Tiongkok dan Inggris jadi Tuan Rumah Kejuaraan Level 2 BWF


Presiden BWF Poul-Erik Hoyer Larsen mengatakan, inilah saat yang tepat bagi bulu tangkis untuk makin meningkatkan citra.

"Tujuan utama kami ialah menampilkan bulu tangkis pada tingkat tinggi dari presentasi dan daya saing. Juga untuk meningkatkan cakupan liputan televisi dan untuk meningkatkan kualitas dan popularitas para pemain," ujar Poul-Erik sesuai rapat Dewan BWF di Kuala Lumpur, Malaysia.

BWF sebelumnya memang telah menyatakan akan mengubah skema turnamen yang digelar dengan membagi turnamen menjadi enem level.
 

Baca juga: Kata Tim Pelatih Usai Praveen/Debby Urung Juara di Swiss


Tahun depan, turnamen level 1 akan digelar di Tiongkok dengan hadiah US$1,5 juta. Tiga turnamen level dua yang berhadiah US$1 juta akan digelar di Tiongkok, Inggris, dan Indonesia.

Untuk level tiga dengan hadiah US$700 ribu, akan ada lima turnamen. Turnamen level empat dengan hadiah US$250 ribu akan digelar tujuh kali, dan akan ada 11 turnamen level lima dengan hadiah US$150 ribu.

Diperkirakan, dalam setahun akan ada 37 turnamen termasuk turnamen level enam akan menjadi kategori terbuka.

Video: ?Barcelona Dekati Real Madrid di Klasemen La Liga



(ACF)