Liliyana Natsir Pensiun

Tangis Liliyana Natsir dan Pesan untuk Tontowi Ahmad

Alfa Mandalika    •    01 Februari 2019 21:14 WIB
bulu tangkistontowi-liliyana
Tangis Liliyana Natsir dan Pesan untuk Tontowi Ahmad
Liliyana Natsir. (Foto: dok. medcom.id)

Liliyana Natsir memutuskan untuk pensiun. Butet, sapaan karib Liliyana juga punya pesan khusus untuk mantan rekannya di ganda campuran, Tontowi Ahmad.

Jakarta: Ajang Indonesia Masters 2019 menjadi kejuaraan terakhir bagi Liliyana Natsir. Dia memutuskan gantung raket di Istora Senayan, Minggu 27 Januari 2019.

Pada pesta perpisahannya, Butet, sapaan karib Liliyana juga dihadiahi kaus raksasa. Saat itu, hampir seluruh tribun penonton penuh terisi. Kedatangan mereka bukan hanya ingin memeriahkan pesta perpisahan, melainkan juga untuk menyaksikan fase final. 

Turut hadir dalam pesta perpisahan, Imam Nahrawi selaku Menpora, Ketum PBSI Wiranto dan tidak ketinggalan Liliyana yang ditemani ayah ibundanya. 

Saat memberikan sambutan, terlihat mata Butet berkaca-kaca. Dia tak kuasa menahan haru atas seluruh dukungan yang datang kepadanya.

"Sebenarnya saya sudah menahan agar tidak menangis, karena saya gengsi juga. Cuma apa ya, melihat antusias penonton, keluarga sudah hadir, melihat dukungan yang luar biasa, saya juga terharu. Dalam arti ternyata di apresiasi segininya," ujar Butet kepada medcom.id, Jumat 1 Februari 2019.

"Terima kasih untuk dukungan di Istora maupun yang sudah menyaksikan di televisi. Tanpa mereka, saya belum tentu seperti sekarang ini," sambungnya.

Saat ditanya akan melakukan aktivitas apa seusai pensiun, dia ingin bersantai terlebih dahulu. "Sekarang santai dahulu, sambil mengecek kerjaan," kata Butet.

Beberapa hari lalu, Butet mendapatkan kesempatan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Pada kesempatan itu, dia manfaatkan untuk pamit dari bulu tangkis dan mencurahkan isi hatinya kepada Jokowi.

Baca: Kemenpora Cabut Imbauan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Bioskop

"Ya, saya berterima kasih atas kesempatan, tidak semua atlet bisa bertemu dan berpamitan kepada Presiden Jokowi. Di situ ada momen, seperti saya katakan di IG (instagram) saya curcol, biasa seorang atlet memperjuangkan masa depan, sebagai peraih medali Olimpiade seperti apa ke depannya. Program pemerintah untuk memberikan apresiasi kepada atlet itu untuk menjadi PNS seperti apa. Posisi kita seperti apa di sana, nanti kita harus seperti apa, seputar itu yang dibicarakan," tutur Butet.

Butet juga berterima kasih atas apresiasi pemerintah terkait pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). 


Liliyana Natsir bersama Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

"Ini pengalaman pertama dan belum tahu di sana seperti apa, kalau kami sebagai atlet berterima kasih atas apresiasi dari pemerintah dan saya rasa teman-teman di bulu tangkis pasti menerima hal itu. Tapi kita sendiri belum tahu nanti ditempatkan di mana dan seperti apa," jelas Butet.

Lalu, Butet juga mempunyai pesan khusus kepada Tontowi Ahmad. Menurutnya, Owi-sapaan Tontowi wajib kerja keras dan menjadi contoh bagi pasangan yang lebih muda. Diketahui, Owi akan berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow.

"Saya sudah katakan kepada Owi, harus terus memotivasi dirinya, karena wajarlah sebagai pemegang emas olimpiade, juara dunia, all england, kalau kamu masih berprestasi harus kerja keras apalagi berpartner dengan yang lebih muda," tutur Butet.


Liliyana Natsir saat berpasangan dengan Tontowi Ahmad. (Foto: dok. PBSI)

Selama berpasangan, Owi/Butet mencatatkan prestasi ciamik. Medali emas Olimpiade 2016 dan hattrick gelar All England menjadi bukti sahih kehebatan pasangan itu. Kini, Butet sudah memulai lembaran baru. Seyogyanya, kita harus menghargai dan tidak lupa berterima kasih atas prestasi yang sudah dipersembahkan. 

Video: Pengembangan JIEP Pasca Asian Games 2018


(ASM)