Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018

Dikalahkan Jepang, Susy Susanti: Indonesia Sudah Penuhi Target

Gregah Nurikhsani Estuning    •    10 Februari 2018 16:57 WIB
bulu tangkis
Dikalahkan Jepang, Susy Susanti: Indonesia Sudah Penuhi Target
Pasangan Apriyani/Greysia ditaklukkan pebulu tangkis Jepang. (Foto: Dok. PBSI)

Alor Setar: Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabidbinpres) PBSI, Susy Susanti mengapresiasi perjuangan tim bulu tangkis putri Indonesia. Meski kalah dari Jepang, Srikandi Merah Putih dinilai sudah memenuhi target yang dicanangkan.

Fitriani dan kawan-kawan takluk 0-3 dari Jepang, Sabtu 10 Februari 2018. Pada pertandingan pertama, Fitriani ditumbangkan Akane Yamaguchi 21-17, 13-21, dan 17-21.

Tertinggal 0-1, praktis beban berat dipikul Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Tekanan yang dihadapi keduanya membuat mereka juga tumbang 20-22, 21-19, dan 21-18. Indonesia pun tertinggal 0-2.

Indonesia akhirnya dipastikan tersingkir setelah pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung juga harus mengakui keunggulan atlet Jepang. Ia dikalahkan Nozomu Okuhara 5-21, 21-19, dan 15-21.

Klik: Langkah Tim Putri Indonesia Terhenti oleh Jepang

Kendati begitu, Susy memberikan pujian kepada atlet yang telah berusaha memberikan yang terbaik. Lagi pula, Indonesia dinilai sudah memenuhi target.

"Sudah kami prediksi akan berat lawan Jepang, namun perjuangan para atlet sudah maksimal. Lolos ke putaran final di Piala Uber jadi target utama dan sudah terpenuhi oleh tim putri," ujar Susy dinukil dari Badmintonindonesia.org.

Mantan pebulu tangkis kebanggaan Indonesia itu juga memberikan evaluasi. Menurutnya, Apriyani cs masih harus mengasah sejumlah faktor non-teknis seperti kematangan bermain.

"Meskipun kalah tapi kita lihat perjuangannya, ada progress, kalau dilihat kan sebetulnya mereka bisa. Tadi yang menentukan itu kematangan, kesiapan dan keberanian, pemain kita baru masuk ke kelas yang lebih tinggi," sambungnya.

Video: Antusiasme Suporter Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang
 


(FIR)