Indonesia Open Super Series 2017

Lin Dan Ditaklukkan Pebulutangkis Non Unggulan

Patrick Pinaria    •    14 Juni 2017 23:07 WIB
bulu tangkisindonesia open super series premier 2017
Lin Dan Ditaklukkan Pebulutangkis Non Unggulan
Lin Dan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Unggulan ketujuh tunggal putra asal Tiongkok Lin Dan tak berdaya saat menghadapi pebulutangkis non unggulan Tzu Wei Wang pada babak pertama Indonesia Open 2017, Rabu 14 Juni 2017. Lin Dan takluk lewat straight game 16-21, 18-21.

Lin Dan sebetulnya mampu tampil impresif pada awal game pertama. Buktinya, pebulutangkis berusia 33 tahun tersebut mampu merebut keunggulan 11-7 di interval pertama.

Meski tertinggal, mental Wang tak mengendur. Ia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Usai mengejar ketinggalan, Wang semakin percaya diri. Ia pun berhasil menutup game pertama dengan skor 21-16.

Baca juga: Jonatan Satu-satunnya Harapan Indonesia yang Lolos ke Babak Kedua

Memasuki game kedua, Wang mencoba meningkatkan agresivitas. Tak tanggung-tanggung, ia mampu unggul hingga skor 15-5 dan 18-9.

Tertinggal jauh tak membuat Lin Dan panik. Pengalaman segudang membuatnya tampil tenang. Hasilnya, ia berhasil memperkecil jarak menjadi 18-19. Namun, perjuangan Lin Dan akhirnya harus terhenti, karena Wang berhasil menutup game kedua dengan skor 21-18.

Lin Dan mengaku kekalahan yang didapat karena banyak melakukan kesalahan. Ia pun berdalih belum beradaptasi dengan arena baru Indonesia Open di JCC.

Baca juga: Giliran Anthony Ginting Tersingkir

"Saya awalnya memang sempat unggul di game pertama, tapi setelah itu banyak melakukan kesalahan. Di game kedua saya terlalu fokus sama servis dan strategi tak berhasil. Tak mudah main di sini (JCC) karena baru pertama kali main di sini," ujar Lin Dan usai pertandingan.

"Saya belum beradaptasi dengan lapangan dan belum nyaman karena ini baru pertandingan pertama. Di game kedua sempat ketinggalan jauh. Pelan-pelan mencoba mengejar, fokus poin satu demi satu hingga akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan," tambahnya.

Sementara itu, Wang mengaku tak bisa menilai apakah penampilan Lin Dan di bawah performa terbaiknya atau tidak. Menurutnya, dia hanya fokus bagaimana caranya meraih kemenangan.

"Saya tidak bisa berkomentar tentang permainan Lin Dan. Saya hanya fokus pada diri sendiri, saya tidak bisa menilai apakah Lin Dan bikin kesalahan atau tidak," ujar Wang.

"Di game kedua, saya terlalu terburu-buru ingin menang, itu jadi masalah yang bikin skor Lin Dan mendekat," jelasnya.

Selanjutnya, Wang dijadwalkan akan menghadapi pebulu tangkis asal Hong Kong, Ng Ka Long Angus pada babak kedua, Jumat 16 Juni lusa. Long Angus lolos usai mengalahkan wakil Tiongkok Tuan Houwei.

Video: Tundukkan Pasangan Korsel, Owi/Butet Melaju ke Babak Kedua
 


(RIZ)