Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior

Mengenal Piala Suhandinata, Trofi Kejuaraan Dunia Junior

A. Firdaus    •    09 Oktober 2017 12:23 WIB
bulu tangkiskejuaraan dunia bulu tangkis
Mengenal Piala Suhandinata, Trofi Kejuaraan Dunia Junior
Suhandinata Cup (Foto: A. Firdaus/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis akan dihelat mulai hari ini. Sebelum melihat keseruan aksi para pebulu tangkis muda dunia berlaga, ada kalanya untuk mengenal Piala yang akan diperebutkan pada nomor beregu tersebut.

Piala Suhandinata, merupakan trofi yang dipakai untuk kejuaraan dunia junior bulu tangkis. Piala ini merupakan bentuk apresiasi Badminton World Federation kepada Suharso Suhandinata yang memiliki peran penting dalam menyatukan dua lembaga bulu tangkis dunia.

Ketika itu International Badminton Federation (IBF) dan World Badminton Federation (WBF) tengah bersengketa. Kedua pihak yang bersengketa ini akhirnya kemudian bersatu pada 26 Mei 1981 dan kini menjadi Badminton World Federation (BWF).

Klik di sini: Hadapi Brasil, Ini Susunan Pebulu Tangkis Indonesia

Pada saat itu, BWF merasa punya hutang terhadap Suharso. Akhirnya pada 2006 mereka mengusulkan agar kejuaraan dunia junior diberi nama Suharso Suhardinata cup.

Tak hanya menyisipkan nama lain dari Kejuaraan Dunia Junior, BWF juga menawarkan untuk membuat trofi sebagai penghargaan kepada Suharso.

Klik di sini: Paceklik Gelar Nadal di Tiongkok Terhenti

"Pihak federasi dunia pun menawarkan piala ini mau didesain oleh pihak federasi atau pihak keluarga. Akhirnya kami mengajukan diri untuk mengambil tugas tersebut dengan melakukan sayembara," ujar Justian Suhandinata.

"Dari 40 perancang piala yang mengikuti sayembara tersebut, maka terpilihlah Yose Sulawu sebagai perancang trofi tersebut. Juara desain piala tesebut mendapatkan hadiah Rp50 juta," terangnya.

Dari hasil karya Yose Sulawu, terdapat simbol-simbol yang memiliki makna di bagian piala tersebut. Mulai dari kepala piala, yang melambangkan patung Garuda Wisnu Kencana, hingga terdapat ukiran Suharso di antara bagian pegangan piala tersebut. 
 
Mulai 2009, Piala Suhandinata diperebutkan pada turnamen beregu campuran junior. Tiongkok paling banyak memegang trofi ini dengan enam kali juara.

Sementara Indonesia hanya menjadi runner up sebagai pencapaian terbaik mereka, dengan tiga kali meraih medali perak pada 2013 hingga 2015.

Lewis Hamilton Tercepat di GP Jepang
 


(ASM)