Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018

Ruselli Hartawan Kalah, Indonesia Tetap Menang atas Tiongkok

Krisna Octavianus    •    08 Februari 2018 14:29 WIB
bulu tangkis
Ruselli Hartawan Kalah, Indonesia Tetap Menang atas Tiongkok
Ruselli Hartawan (Foto: dok. PBSI)

Alor Setar: Tunggal ketiga Indonesia, Ruselli Hartawan gagal menyumbangkan poin untuk tim putri Indonesia pada laga terakhir penyisihan Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018. Meski begitu, Indonesia tetap menang dengan skor 3-2.

Ruselli yang secara mengejutkan diturunkan oleh tim manajer Indonesia untuk laga ini bermain melawan Chen Xiaoxin. Dia menjadi tunggal ketiga atau turun dalam partai terakhir.

Pemain berusia 20 tahun itu gagal menambah skor kemenangan tim putri Indonesia. Dia kalah 17-21 dan 17-21.

Namun, hasil ini tidak berpengaruh apa-apa bagi tim putri Indonesia karena sebelumnya sudah unggul 3-1. Hasil akhir menjadi 3-2 dan Indonesia lolos ke babak perempat final sebagai juara Grup Z.

Kemenangan Indonesia dipersembahkan oleh Fitriani, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Bahkan, Della/Rizki yang menjadi penentu kemenangan Indonesia harus melewati laga menegangkan dalam tiga game 21-14, 19-21, 23-21.

“Kami sih tidak dibebankan, tetapi kami kan pasti mau menang, mau berusaha menyumbang angka untuk tim, apalagi Indonesia sudah unggul 2-1. Kami terlalu ingin menang, setelah menang di game pertama, kami justru terlalu hati-hati mainnya,” kata Della usai pertandingan.

Jika kehilangan satu angka dari Rizki/Della, maka beban Ruselli Hartawan yang turun di partai terakhir, tentu semakin berat. Apalagi Chen Xiaoxin yang bakal menjadi lawan Ruselli, lebih dijagokan. Hebatnya, Della/Rizki berhasil menang.

“Waktu di akhir-akhir game, kami tidak mau memikirkan poin, yang penting bagaimana caranya shuttlecock masuk dulu ke area lawan. Semakin kami nafsu ingin mematikan lawan, mereka malah akan semakin bagus,” ujar Della seperti dikutip dari situs resmi PBSI.

“Lawan bermain nothing to lose, dan kami agak tertekan karena kalah di game kedua. Sebetulnya mereka hanya menunggu kami membuat kesalahan sendiri. Kami bersyukur tim putri bisa menang dari Tiongkok, sebetulnya yang tidak disangka itu Fitriani bisa menang di partai pertama, dia tampil luar biasa,” kata Rizki.

Hasil lengkap Indonesia vs Tiongkok hari ini:
Fitriani vs Chen Yufei 16-21 21-12 21-15
Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Du Yue/Li Yinhui 21-18 21-12
Gregoria Mariska Tunjung vs He Bingjiao 21-23 10-21
Della Destiara/Rizki Amelia vs Cao Tong Wei/Yu Zheng 21-14, 19-21, 23-21
Ruselli Hartawan vs Chen Xiaoxin 17-21 17-21

 


(KRS)