Beasiswa Bulu Tangkis 2016

Sebanyak 28 Atlet Bulu Tangkis Raih Program Beasiswa

   •    13 September 2016 22:13 WIB
bulu tangkis
Sebanyak 28 Atlet Bulu Tangkis Raih Program Beasiswa
Peserta audisi (Foto: Antara/Yusuf Nugroho)

Metrotvnews.com, Kudus: Sebanyak 28 atlet bulu tangkis akhirnya berhasil meraih Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 setelah menyisihkan 4.547 atlet dari sembilan kota di Tanah Air yang mengikuti audisi umum.

"Sebelum diumumkan nama-nama 28 peserta yang dinyatakan diterima, terdapat 53 peserta terbaik hasil Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 mengikuti tahapan karantina mulai 4 hingga 13 September 2016 di PB Djarum Kudus," kata Manajer Tim Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum Fung Permadi di Kudus, Selasa (13/9/2016).

Dari 53 peserta, dipilih 28 atlet bulu tangkis, meliputi 14 pebulu tangkis U-13 putra, 10 pebulu tangkis U-13 putri, dan empat pebulu tangkis U-15 putri. Mereka berhak atas fasilitas pembinaan bulu tangkis berstandar internasional di PB Djarum.

Puluhan atlet bulu tangkis yang diterima tersebut berasal dari 25 kabupaten/kota dari sembilan provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Riau, Kalimantan Timur, Yogyakarta, Bali, Sulawesi Tenggara, dan Lampung.

(Baca juga: Indonesia Raih Dua Gelar pada Ajang Indonesian Masters 2016)

Delapan atlet di antaranya berasal dari Provinsi Jateng, disusul Jatim sebanyak enam atlet, dan Jabar tiga atlet, serta Kaltim, Riau dan Lampung masing-masing dua atlet. Sementara provinsi lainnya masing-masing satu atlet.

Mayoritas atlet yang lolos merupakan binaan klub bulu tangkis, sedangkan empat atlet di antaranya merupakan bukan atlet binaan klub bulu tangkis.

Berdasarkan kota audisi, Surabaya menempatkan atlet terbanyak peraih beasiswa tersebut dengan tujuh atletnya, disusul Purwokerto dengan enam atletnya.

Kota Solo berhasil menempatkan empat atletnya, sementara Kudus berhasil menempatkan tiga atletnya, sedangkan Bandung, Balikpapan, Palembang masing-masing berhasil mengusung dua atletnya.

Sementara itu, Cirebon dan Makassar menjadi kota audisi yang hanya menempatkan satu atletnya meraih beasiswa. 

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan bahwa keberhasilan 28 pebulu tangkis dari berbagai daerah mendapatkan Djarum Beasiswa Bulu Tangkis merupakan awal dari perjalanan mereka untuk berjuang menjadi pebulu tangkis dunia.

"Kami berharap awal yang baik ini dapat menjadi kekuatan baru bagi para peraih Djarum Beasiswa Bulu Tangkis untuk lebih semangat dalam menjalani pembinaan bulu tangkis di PB Djarum," ujarnya.

Bagi peserta yang belum berhasil, kata dia, bisa menjadi bahan evaluasi agar tahun berikutnya bisa tampil lebih baik.
Peminat peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 lebih banyak daripada jumlah pada tahun sebelumnya. Pada tahun 2014, tercatat 1.328 peserta, pada tahun 2015 meningkat dua kali lipat menjadi 2.913 peserta, dan pada tahun 2016 naik menjadi 4.547 pendaftar di sembilan kota.(ant)

 
Video: Owi/Butet Raih Predikat ASEAN Heroes 2016


(RIZ)