Piala Sudirman 2017

Penjelasan Susi Susanti usai Indonesia Gagal di Piala Sudirman

A. Firdaus    •    24 Mei 2017 23:58 WIB
bulu tangkis
Penjelasan Susi Susanti usai Indonesia Gagal di Piala Sudirman
Ganda Putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani (Foto: PBSI)

Metrotvnews.com, Gold Coast: Indonesia untuk pertama kalinya gagal lolos dari fase grup Piala Sudirman. Hasil ini menjadi yang terburuk dari 14 keikutsertaan skuat Merah Putih pada turnamen dua tahunan ini.

Kepastian Indonesia tak bisa meneruskan perjuangan mereka di Piala Sudirman, setelah hanya mampu menang 3-2 atas Denmark. Namun, karena Indonesia sempat dikalahkan India 1-4, membuat Denmark lah yang berhak ke fase perempat final.

Manajer Tim Piala Sudirman Indonesia, Susi Susanti menganggap hasil ini di luar prediksi. Legenda bulu tangkis Indonesia itu mengaku semua pemain dan kru tim sudah menerima hasil tersebut.

Klik di sini: Dari MotoGP untuk Nicky Hayden

"Kami memang menang dari Denmark, atlet-atlet juga sudah berjuang maksimal. Mereka betul-betul tidak terpengaruh dengan hasil kemarin. Tetapi melalui perhitungan poin, kami harus terima kalau kami tersingkir dan gagal masuk ke delapan besar," ujar Susi Susanti.

Indonesia sebenarnya punya peluang lolos, setelah sempat unggul 3-1. Sayang pada partai terakhir, ganda putri Indonesia Gresyia Polii/Apriyani takluk di tangan Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen dengan pertarungan tiga game, 18-21 21-13 13-21.

"Partai terakhir sendiri menjadi partai penentu, kami bisa lolos tetapi kami harus menang dengan straight game. Seperti inilah permainan tim. Beberapa memang di luar prediksi, banyak hal-hal yang tidak disangka justru bisa terjadi. Anthony bisa menang, tetapi di ganda putra kita kehilangan angka. Korea bisa kalah, tetapi memang itulah permainan tim," lanjutnya.

Klik di sini: Gagal Capai Target di ISG, Indonesia Dinilai Sukses dalam Program Pembinaan

Tak lupa, Susi meminta maaf dengan apa yang diraih timnya di Gold Coast. Ia mengakui masih ada kekurangan pada timnya, meski di satu sisi menghargai perjuangan para pemainnya.

"Saya pribadi juga minta maaf belum bisa memenuhi target dan harapan untuk bisa membawa kembali Piala Sudirman. Tetapi melihat penampilan atlet-atlet kami, memang ada kekurangan, tetapi perjuangan dan semangat yang ditampilkan hari ini, paling tidak bisa membuktikan bahwa kita masih ada," pungkas Susi.

Dengan tersingkirnya Indonesia, maka Denmark yang lolos ke perempat final untuk menemani India dari grup 1D. Sementara itu di Grup 1A, Taiwan berhasil menjadi juara grup setelah menang dari Korea yang akhirnya harus puas menjadi runner up.

Di Grup 1A, Tiongkok tak tergoyahkan menjadi juara grup disusul oleh Thailand, dan dari Grup 1C, Jepang dan Malaysia masih bisa melanjutkan perburuan gelar mereka. (PBSI)

Menghitung Peluang Indonesia di Piala Sudirman 2017
 


(ACF)