Presiden Jokowi Resmikan Istora sambil Bagi-bagi Raket

Kautsar Halim    •    23 Januari 2018 23:13 WIB
asian games 2018
Presiden Jokowi Resmikan Istora sambil Bagi-bagi Raket
Presiden Joko Widodo membagikan raket kepada pebulu tangkis Indonesia di Istora Senayan/Medcom.id/Kautsar Halim

Jakarta: Renovasi Istora Senayan telah dinyatakan rampung 100 persen pada Rabu 23 Januari. Penyelesaian renovasinya langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istora sekitar pukul 18.30 WIB.

Tepuk tangan dan sorak sorai ribuan publik langsung menyambut Jokowi ketika memasuki area lapangan Istora. Kedatangannya saat itu, turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menko PMK Puan Maharani. 

Peresmian Istora dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Setelah itu, ada Menteri Basuki yang melaporkan hasil renovasi dan  ada sesi kata sambutan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Saya betul-betul terkejut masuk ke sini karena ada perubahan total dari Istora dari keadaan sebelumnya," kata Jokowi membuka kata sambutan di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Januari 2018.

Presiden Jokowi menilai, renovasi Istora seperti mengembalikan bangunan tersebut ke tahun 1960-an. Dia berharap Istora bisa digunakan untuk banyak jenis olahraga.

"Dengan mengucap bismillahirrohmannirahim, dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa, renovasi Istora GBK saya resmikan," tutup Jokowi.

Selain diresmikan secara lisan, Jokowi langsung menandatangani batu prasasti yang telah disediakan panitia. Setelah itu acara dilanjutkan dengan memberikan raket kepada para pebulu tangkis legendaris Tanah Air.

Terdapat delapan pebulu tangkis legendaris yang diberikan raket oleh Jokowi. Mereka semua adalah Retno Kustiah, Lius Pongoh, Alan Budi Kusuma, Chandra Wijaya, Haryanto Arbi, Ivana Lie, Susy Susanti, dan Yuni Kartika.

Seisi Istora sempat kompak bersorak agar Jokowi menjajal lapangan Istora yang juga sedang digunakan untuk ajang Indonesia Masters 2018.  Selanjutnya Jokowi hanya merespon dengan senyuman hangat dan lambaian tangan untuk pamit pergi.

Sebelumnya, Menteri Basuki menjelaskan bahwa renovasi Istora dilaksanakan sejak 2016. Dalam renovasi, kapasitasnya dikurangi menjadi 7.166 karena bangkunya menggunakan single seat.

Selain bulu tangkis, Istora bisa digunakan untuk olah raga bola basket serta pertunjukan musik. Satu hal yang unik dalam renovasi Istora, terdapat dua tribun atau tempat duduk kayu yang masih dipertahankan. Itu memang sengaja dilakukan dalam rangka menjaga warisan asli Istora yang lama.


(CIT)