Jelang F1 2018

Bos Mercedes Prediksi Tiga Tim Terkuat di F1 2018

M. Rizky Adhestian    •    20 Maret 2018 12:29 WIB
F1 2018
Bos Mercedes Prediksi Tiga Tim Terkuat di F1 2018
Suasana balapan F1. (Foto: AFP/Clive Rose)

Northamptonshire: Toto Wolff memperkirakan perebutan gelar juara Formula 1 musim 2018 akan didominasi tiga tim papan atas, yaitu Mercedes, Ferrari, dan Red Bull. 

The Silver Arrows sukses mengambil alih dominasi Ferrari sejak F1 memasuki era mesin V6 Hibrida. Namun, si Kuda Jingkrak mulai beradaptasi dengan mesin tersebut dan sempat memberi ancaman yang cukup hebat pada musim 2017 lalu.

Juara bertahan untuk kategori konstruktor musim lalu itu memang masih menjadi favorit untuk meraih poin terbanyak pada Grand Prix pembuka di Australia pekan ini. Meski begitu, dilihat dari hasil tes pramusim, persaingan Mercedes, Ferrari , dan Red Bull dalam konteks kecepatan semakin ketat dibandingkan tahun lalu.

Pertempuran atas tiga tim papan atas tersebut diamini oleh Wolff selaku bos dari Mercedes. Pengusaha asal Austria itu bahkan tidak mengaggap hasil tes pramusim itu sahih bila belum dibuktikan pada balapan.

Baca: Hari Ini, Marcus/Kevin Tiba di Tanah Air


"Semua yang kami lakukan beberapa bulan terakhir (tes pramusim) hanyalah langkah awal untuk menuju musim 2018. Mulai dari perakitan mobil, percobaan pertama, peluncuran di Silverstone hingga tes di Barcelona. Sekarang, waktunya mencari tahu seberapa kemampuan kami. seperti kata pepatah, ketika bendera diturunkan, maka tidak ada lagi omong kosong," kata Wolff.

Baca: KSP Moeldoko Dukung Indonesia jadi Tuan Rumah MotoGP


"Musim lalu, kompetisi sangat ketat dan tidak ada celah bagi kami untuk bersantai. Ferrari memberikan perlawanan yang sulit dan terjadi pertempuran seru antara si perak dan si merah. Musim ini sangat berpotensi menjadi perterungan tiga tim besar antara kami, Ferrari dan Red Bull," sambungnya.

Mercedes tentunya akan kembali bersusah payah merebut kembali gelar juara konstruktor untuk menyaingi Ferrari. Tim asal Modena, Italia itu diketahui memegang rekor enam gelar berturut-turut (1999-2004) dan siap dipecahkan oleh Mercedes yang kini sudah menang empat kali berturut-turut. (Crash)

Video: Deretan Rekor The Minions


(ASM)