F1 2018

Profil Tim F1 2018: Force India

Patrick Pinaria    •    22 Maret 2018 17:22 WIB
F1 2018
Profil Tim F1 2018: Force India
Mobil Force India untuk F1 2018 (Foto: AFP/Lluis Gene)

Jakarta: Ajang Formula 1 2018 akan dimulai pada Minggu 25 Maret di Australia. Musim ini bisa dikatakan menjadi periode penuh tantangan buat tim papan tengah Force India, terutama dalam mempertahankan posisi empat besar.

Performa Force India memang cukup menjadi perhatian publik F1 dalam dua musim terakhir. Bukan apa-apa. Dalam periode tersebut, mereka berhasil menjadi tim yang mampu membayangi tiga tim besar seperti Mercedes, Ferrari, dan Red Bull dengan menempati peringkat keempat di klasemen konstruktor.

Musim 2017, Force India berhasil menempati peringkat keempat dengan mengoleksi dengan mengoleksi 187 poin. Mereka unggul cukup telak dari pesaingnya seperti Williams Mercedes, yakni sebesar 104 poin.

Baca: Ginobili Tidak Yakin Kawhi Leonard akan Bermain Musim Ini

Jika melihat pencapaian musim lalu, tentu ini merupakan catatan lebih baik. Di musim 2016, Force India juga menempati posisi empat, namun kala itu mereka hanya unggul tipis, yakni 35 poin dari Williams.

Namun, bukan tugas mudah bagi Force India untuk mencapai posisi empat besar lagi pada musim 2018. Mereka diprediksi akan mendapat perlawanan ketat dari Renault, Haas, dan Toro Rosso, dan McLaren. Sebab, keempat tim tersebut sudah menunjukkan peningkatan performa.

Peningkatan performa diperlihatkan laju para pembalapnya saat melakoni tes pramusim di Barcelona pada awal Maret. Contoh saja, pembalap McLaren Fernando Alonso. Ia berhasil mencatatkan waktu terbaiknya sepanjang sesi tes pramusim Barcelona, yakni 1 menit 17,784 detik. Catatan ini merupakan yang ketiga terbaik sepanjang tes pramusim.

Baca: BAM Bidik Li Yongbo Pimpin Bulu Tangkis Malaysia

Tiga pembalap lainnya seperti Carlos Sains Jr (Renault), Kevin Magnussen (Haas), dan Pierre Gasly (Toro Rosso) juga tampil impresif. Mereka masing-masing menempati peringkat kelima, peringkat keenam, dan ketujuh di tes pramusim.

Sementara itu, dua pembalap Force India justru tampil kurang memuaskan. Esteban Ocon menempati peringkat ke-14, Sergio Perez menempati peringkat ke-19. 

Menilik catatan di atas, bukan tidak mungkin Force India akan mengalami kesulitan untuk menempati peringkat keempat. Mereka tidak boleh melakukan banyak kesalahan agar tidak kalah bersaing dari pesaing-pesaing lain.

Profil Tim
Force India muncul di ajang F1 pada era 2000-an. Tim ini dibentuk pada Oktober 2007 dan bermarkas di Silverstone, Inggris.

Sebelumnya, nama mereka bernama Spyker. Namun, mereka berubah nama setelah dibeli oleh pengusaha India Vijay Mallya dan pengusaha Jerman Michiel Mol. 

Musim 2008 merupakan ajang perdana Force India untuk balapan di F1. Ketika itu, mereka diperkuat oleh Adrian Sutil dan Giancarlo Fisichella.

Namun, mereka belum mampu berbicara banyak pada musim perdana mereka. Mereka harus puas finis di peringkat kesepuluh klasemen di klasemen konstruktor. 

Meski belum bisa bersaing meraih gelar hingga saat ini, laju Force India masih patut diperhitungkan. Sebab, mereka mampu bersaing di empat besar dalam dua musim terakhir. Pada F1 2016 dan F1 2017, Force India mampu finis di peringkat keempat. 

Musim ini, Force India belum melakukan perubahan komposisi pembalap. Mereka masih akan mengandalkan Sergio Perez dan Esteban Ocon.

Profil pembalap

Sergio Perez
Perez merupakan pria berkebangsaan Meksiko. Ia lahir di Guadalajara, Meksiko, pada 26 Januari 1990.

Nama Perez tentu sudah tidak terlalu asing di F1. Ia sudah enam tahun berkarier di balap jet darat itu.

Sejauh ini, Perez memang belum pernah menjuarai F1. Namun, kemampuannya layak diwaspadai. Terutama sejak bergabung dengan Force India pada 2014. 

Selama hampir empat tahun memperkuat Force India, Perez mampu finis di peringkat kesepuluh (2014), peringkat kesembilan (2015), peringkat ketujuh (2016), dan peringkat ketujuh pada musim 2017.


Esteban Ocon
Ocon merupakan salah satu pembalap muda di F1. Ia lahir di Prancis pada 17 September 1996.

Ocon baru memulai kariernya di F1 pada musim 2016. Ketika itu, pebalap asal Prancis tersebut direkrut Manor untuk menggantikan posisi Rio Haryanto pada paruh kedua musim.

Prestasinya selama memperkuat Manor terbilang kurang memuaskan. Ia terperosok di posisi buncit alias peringkat ke-23 pada musim lalu.

Ocon kemudian direkrut Force India pada 2017. Kiprahnya bersama Force India terbilang cukup mengesankan. Pasalnya, ia mampu bersaing di sepuluh besar dengan menempati peringkat kedelapan klasemen pembalap musim lalu.


Video: Eko Yuli Irawan Bidik Emas Usai Angkat Besi 62 Kg Ditandingkan di Asian Games

 


(ACF)