Ricciardo Kritik Cara Menyalip Verstappen

M. Rizky Adhestian    •    13 April 2018 06:55 WIB
F1 2018
Ricciardo Kritik Cara Menyalip Verstappen
Max Verstappen (depan) bersenggolan dengan Lewis Hamilton (belakang) (Foto: AFP PHOTO / Giuseppe CACACE)

Shanghai: Daniel Ricciardo memberi komentar terkait insiden yang melibatkan rekan satu timnya di Red Bull, Max Verstappen, dengan Lewis Hamilton. Menurutnya, Verstappen terlalu bernafsu saat menyalip Hamilton.

Ricciardo terpaksa turun dari mobilnya di Grand Prix Bahrain pekan lalu pada lap-lap awal. Pasalnya, terdapat kegagalan fungsi listrik pada RB14 miliknya.

Red Bull harus melewati GP Bahrain tanpa ada pembalapnya yang menyentuh garis finis setelah Verstappen juga ikut keluar pada dua lap setelahnya. Namun, driver berusia 20 tahun sempat terlibat insiden senggolan dengan Hamilton sebelumnya. 

Ban kiri belakang Verstappen bersenggolan dengan sayap depan mobil sang juara bertahan. Insiden tersebut diduga karena pembalap berpaspor Belanda itu ingin menyalip Hamilton dan berusaha membuat tikungan lebar.

Ulah Verstappen tersebut membuat Hamilton terpojok dan hampir tidak punya ruang untuk menikung. Akibatnya, mobil keduanya bersenggolan dan menyebabkan RB14 milik Verstappen mengalami kebocoran sehingga ia harus keluar dari trek.

Ricciardo menyebut Verstappen terlalu ceroboh saat menyalip Hamilton sehingga membuat masalahnya sendiri. Namun, pembalap asal Australia itu setuju dengan penilaian Federasi Automobil Internasional yang menganggap hal tersebut tidak lebih dari sebuah kecelakaan.

"Itu tidak butuh diganjar penalti, jadi baik-baik saja. Itu mengingatkan saya sedikit ketika saya dan Rosberg di Budapest. Ketika itu, Rosberg terus memojokkan saya hingga ke pinggir trek dan saya tidak bisa ke mana-mana," kata Ricciardo.

"Saya rasa Max sudah benar menyalipnya, saya hanya berpikir harusnya ia tidak perlu memojokkan Lewis. Saya rasa bagaimanapun Max akan tetap bisa menyalipnya, ia hanya terlalu bernafsu menurut saya," sambungnya.

Sebelumnya, Hamilton sempat tertangkap kamera meluapkan sumpah serapahnya kepada Verstappen dengan kata-kata kasar saat melihat tayangan ulang insiden tersebut. Namun, peraih empat gelar juara dunia itu dikabarkan telah melakukan permintaan maaf. (Crash)



(PAT)