GP Azerbaijan

Ricciardo Kecam Sikap Vettel Kepada Hamilton

Patrick Pinaria    •    27 Juni 2017 14:59 WIB
f1 2017
Ricciardo Kecam Sikap Vettel Kepada Hamilton
Daniel Ricciardo (Foto: AFP/Andrej Isakovic)

Metrotvnews.com, Baku: Sebastian Vettel sedang menjadi sorotan lantaran tindakannya terhadap Lewis Hamilton saat melakoni balapan pada GP Azerbaijan, Minggu 25 Juni. Ketika itu, pembalap asal Jerman tersebut dinilai sengaja melakukan tabrakan dengan Hamilton.

Kejadian tersebut berawal pada lap ke-19 saat safety car masuk ke lintasan. Ketika itu, Vettel menabrak bagian belakang mobil Hamilton yang sedang menurunkan kecepatan.

Vettel diduga kesal karena menilai Hamilton sengaja menurunkan kecepatan untuk menghalanginya. Saking kesalnya, Vettel pun terlihat berupaya menabrak Hamilton dari samping.

Baca: Pelatih Jeff Horn Punya 10 Rencana untuk Menundukkan Pacquaiao

Sikap Vettel pada balapan tersebut ternyata menuai kritik. Salah satu kritik dilontarkan oleh pembalap Red Bull Daniel Ricciardo.

"Vettel terkadang tidak berpikir sebelum bertindak. Mungkin ini dilakukannya karena terlalu termotivasi dan kelaparan untuk memenangkan balapan. Terkadang, ia harus bisa menjaga emosinya," ujar Ricciardo.

"Saya sangat menghormati Vettel dan kecintaanya terhadap olahraga. Ia mampu menunjukkan banyak gairah dan terkadang agresif. Saya menghormati itu dan menyukai hal itu," tambahnya.

Baca: Andre Agassi Bakal Dampingi Djokovic di Wimbledon

Sementara itu, Ricciardo melontarkan pembelaannya terhadap Hamilton. Ia menilai penurunan kecepatan yang dilakukan pembalap asal Inggris itu dilakukan tidak sengaja.

"Lihat apakan Hamilton sengaja melambat atau tidak. Ia berhak menurunkan kecepatannya. Ia saat itu memimpin balapan. Mungkin terlalu dini untuk terus melaju cepat. Vettel mungkin yang terlalu semangat," kata Ricciardo.

Insiden tersebut lantas memberikan efek yang buruk bagi keduanya. Mereka gagal finis di posisi tiga besar. Vettel harus finis di posisi keempat, sedangkan Hamilton finis di peringkat kelima. (Crash)


Video: Perseteruan Hamilton dan Vettel Dapat Sorotan

 


(PAT)