F1 2018

Selain Melbourne, Penambahan Zona DRS akan Diterapkan di Sirkuit Lain

M. Rizky Adhestian    •    23 Maret 2018 17:27 WIB
f1F1 2018
Selain Melbourne, Penambahan Zona DRS akan Diterapkan di Sirkuit Lain
Foto: Formula 1

Melbourne: Setelah sirkuit Melbourne, penambahan zona Drag Reduction System (DRS) akan dicoba untuk diterapkan di sirkuit lainnya musim 2018. Direktur balapan Federasi Automobil Internasional (FIA), Charlie Whiting, menjelaskan bahwa terobosan ini bertujuan untuk membuat F1 semakin menarik.

Sirkuit Melbourne dipastikan menambah satu zona DRS sebagai Grand Prix pembuka F1 musim 2018 di Australia, akhir pekan ini. Itu akan jadi pertama kalinya F1 menggunakan tiga zona menyalip dalam satu seri balapan.

FIA mengumumkan penambahan zona DRS ketiga untuk sirkuit yang terletak di taman Albert kota Melbourne tersebut pada Rabu lalu. Zona DRS ketiga terletak di antara tikungan ke-12 dan 13.
 

Baca: Lagi, Hamilton Pimpin Latihan Bebas Kedua GP Australia


Whiting selaku direktur balapan FIA mengukapkan bahwa penambahan DRS seperti di sirkuit Melbourne bisa diikuti oleh sirkuit lain tahun ini.

"Kami hanya mencoba untuk mengoptimalisasi atau memaksimalkan apa yang bisa dilakukan dengan DRS. Seperti yang Anda tahu, Melbourne bukan sirkuit yang ideal untuk itu. Dua zona DRS yang terdapat sekarang ini kurang efektif. (Maka) Kami berpikir ada kesempatan untuk melakukan sesuatu di trek lurus antara tikungan 12 dan 13," kata Whiting.
 

Baca juga: Profil Tim F1 2018: Ferrari


"Kami akan mencoba sesuatu yang lebih efektif pada trek-trek lain di mana lebih banyak peluang untuk melakukannya (penambahan zona DRS)," sambungnya.

Penambahan zona DRS ketiga ini jadi yang pertama kali sejak diperkenalkan pada 2011. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan intensitas menyalip pada ajang balap jet darat tersebut yang dinilai menurun dalam beberapa tahun terakhir ini. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Peran Pelatih Fisik Bagi Pembalap



(ACF)