Pembalap F1 2017

Gagal Rayu Perez, Renault F1 Gaet Hulkenberg

Ahmad Garuda    •    14 Oktober 2016 15:23 WIB
pembalap f1
Gagal Rayu Perez, Renault F1 Gaet Hulkenberg
Nico Hulkenberg akhirnya sepakat menerima pinangan Renault. XPB Images

Metrotvnews.com: Tim Renault F1 sepertinya ingin melakukan penetrasi lebih dalam di kejuaraan Formula 1 musim 2017. Kegagalan merayu Sergio Perez membuat Renault mulai membidik Nico Hulkenberg sebagai pembalap utamanya di 2017. Akhirnya rumor itu pun menjadi kenyataan.

Sempat tak ingin terlalu ceroboh atau asal umbar gosip saja, Hulkenberg sempat menganggap semuanya masih wacana. Wacana yang bergulir di F1 Jepang pekan lalu itu, anginnya memang semakin besar. Hingga akhirnya Autosport menegaskan bahwa Hulkenberg sudah sepakat menerima pinangan Renault F1 untuk F1 2017.

Skenario konfigurasi awal jika terjadi pergeseran pembalap pun berubah. Esteban Ocon yang sekarang jadi pengganti Rio Haryanto di Manor Racing, disebut-sebut sebagai rekan setim Hulkenberg nantinya, sepertinya juga jadi incaran Force India. Sementara nama Pascal Wehrlein juga dikatakan sepaket dengan perpanjangan kontrak mesin Mercedes-Benz yang digunakan tim Force India.

Belum ada pernyataan resmi yang dirilis, baik oleh Renault F1 atau Hulkenberg. Namun dikatakan oleh Autosport bahwa kesepakatan kontrak antara keduanya adalah untuk dua musim kedepan.

Hal yang menarik untuk diperhatikan adalah Renault sepertinya kesulitan untuk merayu pembalap berpengalaman di F1. Padahal mereka turun sebagai tim pabrikan. Tapi jika melihat sejarah tiga tahun ke belakang, kiprah mesin Renault sempat menjadi momok ketika perubahan kapasitas mesin dari 2,4 liter menjadi 1.600 liter turbo, sempat menurun.

Terlihat dari pencapaian tim Red Bull Racing yang sebelumnya cukup sukses meraih titel juara dunia empat tahun beruntun bersama Sebastian Vettel, justru melempem saat perubahan regulasi mesin di 2014. Tapi kini, mereka mulai bisa tampil kompetitif lagi, apalagi riset dilakukan langsung oleh tim pabrikan.


(UDA)