Tiongkok Perpanjang Kontrak Kerjasama Tuan Rumah F1 GP

Kautsar Halim    •    29 September 2017 17:45 WIB
f1 2017
Tiongkok Perpanjang Kontrak Kerjasama Tuan Rumah F1 GP
Suasana balapan di Sirkuit Shanghai. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Sepang: Tiongkok resmi memperpanjang kontrak kerjasama sebagai salah satu tuan rumah Grand Prix Formula 1 (F1 GP). Menurut situs resmi F1, Jumat 29 September, setidaknya Shanghai akan tetap menjadi tuan rumah hingga tiga tahun ke depan.  

Tiongkok menjalani debut sebagai tuan rumah F1 GP pada September 2004 silam. Khusus tahun depan, jadwal mereka sebagai tuan rumah bakal mengalami perubahan karena situs resmi F1 menyebutkan Tiongkok bertukar nomor urut dengan GP Qatar.


Klik: Max Verstappen Pimpin FP1 GP Malaysia


Perubahan jadwal dilakukan karena perhelatan GP Tiongkok kerap bertepatan dengan hari libur nasional Cingming yang biasanya dimanfaatkan para masyarakat setempat untuk berziarah ke makam para leluhurnya. Kondisi ini membuat euforia penyelenggaraan F1 GP terpecah.

"Kami sangat senang bisa menemui kesepakatan yang membuat Grand Prix Formula 1 Tiongkok berlangsung setidaknya untuk tiga tahun lagi," kata ketua F1 dan CEO Chase Carey.

"Negara hebat ini telah mendemonstrasikan pertunjukan luar biasa untuk kepentingan olahraga kami. Kami sangat yakin masih ada potensi yang belum terekspos di sini." tambahnya.


Klik: Sean Tampil Impresif di Sepang


GP Tiongkok diorganisir oleh Shanghai Juss Sports Development. Jiang Lan selaku pemimpin perusahaan itu mengatakan pihaknya tertarik memperpanjang kerjasama karena F1 GP merupakan salah satu ajang prestisius di dunia.

"Sejak debut pada 2004, GP Tiongkok bukan hanya menjadi pertunjukan olahraga otomotif bagi masyarakat setempat saja. Akan tetapi, event tersebut juga menjadi agenda untuk seluruh penggemar otomotif di Asia Pasifik dan global," tutur Jiang.

Pengumuman perpanjangan kontra kerjasama Tiongkok diumumkan ketika Malaysia yang merupakan pionir perhelatan GP F1 di Asia memutuskan berhenti sebagai tuan rumah. Event pamungkas GP Malaysia itu dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Sepang pada akhir pekan ini.

Berbanding terbalik dengan Malaysia, Singapura malah sudah setuju memperpanjang kerjasama menjadi tuan rumah F1 GP hingga 2021. Kesepakatan resminya bahkan sudah dilakukan sejak awal bulan ini. (ANT)

 


(ACF)