GP Inggris

Tidak Terbukti Halangi Grosjean, Hamilton Bebas dari Penalti

Patrick Pinaria    •    16 Juli 2017 13:05 WIB
f1 2017
Tidak Terbukti Halangi Grosjean, Hamilton Bebas dari Penalti
Lewis Hamilton (Foto: AFP/Andrej Isakovic)

Metrotvnews.com, Silverstone: Lewis Hamilton dipastikan tetap start terdepan pada balapan F1 GP Inggris, Minggu 16 Juli. Kepastian itu didapat setelah pembalap asal Inggris tersebut tidak dinyatakan bersalah oleh FIA atas tuduhan menghalangi laju Romain Grosjean pada sesi kualifikasi.

Tuduhan tersebut disampaikan Grosjean setelah sesi kualifikasi yang digelar pada Sabtu 15 Juli. Ia mengaku lajunya sengaja dihalangi Hamilton selama menjalani sesi tersebut.

Mendengar tudingan tersebut, FIA akhirnya memutuskan untuk menginvestigasi Hamilton. Mereka pun akan memberikan penalti atau mencabut posisi pole position yang diraih Hamilton pada sesi kualifikasi seandainya sang pembalap terbukti bersalah.

Baca: Timnas Bola Voli Putri Indonesia jadi Runner Up di Vietnam

Namun usai melakukan penyelidikan, FIA tidak menemukan kesalahan yang dilakukan Hamilton. Mereka pun memastikan Hamilton tetap start terdepan pada balapan nanti.

Mengenai tudingan tersebut, Hamilton juga mencoba untuk memberikan klarifikasinya. Ia pun meminta maaf dan mengaku tidak berminat menghalangi Grosjean.

"Saya datang untuk memulai balapan. Bottas berada di depan saya. Sedangkan di belakang saya ada pembalap Force India. Kemudian, ia masuk ke pit sehingga tidak ada yang tertinggal di belakang saya," ujar Hamilton.

Baca: Triathlon Bengkulu Diikuti Atlet Eropa

"Sebetulnya saat saya menginjak gas, saya melihat ke cermin dan ada mobil yang masuk. Jika saya menghalangi, saya minta maaf dan saya tidak mendapat indikasi dari tim jika ada pembalap lain yang akan datang," lanjutnya.

"Saya pikir saya bisa meraih posisi ini tanpa melakukan penghalangan kepada pembalap lain. Tetapi, saya perlu melihat tayangan ulangnya. Saya tidak berpikir ia berada di dekat saya, saya akan mencoba untuk waspada," tutur Hamilton. (Crash)


Video: Hamilton Rebut Pole Position di GP Inggris

 


(PAT)