Friksi Vettel - Hamilton

Vettel Seharusnya Dikeluarkan dari Lomba

Alfa Mandalika    •    30 Juni 2017 13:09 WIB
f1 2017
<i>Vettel Seharusnya Dikeluarkan dari Lomba</i>
Sebastian Vettel (paling depan). (Foto: AFP/Alexander Nemenov)

Metrotvnews.com, Baku: Insiden antara Sebastian Vettel dengan Lewis Hamilton di GP Azerbaijan berbuntut panjang. Federasi Balap Internasional (FIA) bakal mengusut tuntas penyebab insiden tersebut bisa terjadi.

Vettel dan Hamilton diketahui terlibat friksi saat memasuki lap ke-20 di Sirkuit Baku. Saat itu, Hamilton terlihat memperlambat laju mobilnya dan membuat Vettel menabrak bagian belakang mobilnya.

Tak terima dengan kondisi itu, Vettel langsung bergerak ke samping kiri Hamilton sambil memprotes tindakan tersebut. Akan tetapi, justru Vettel yang mendapatkan penalti 10 detik.

Seusai balapan, Vettel mengaku tidak sengaja menabrak Hamilton.  "Saya tidak mungkin melakukan (tabrakan) secara sengaja tetapi pastinya itu bukanlah langkah yang tepat," kata Vettel.

Baca: Sanksi Lebih Berat Menanti Vettel Terkait Insiden dengan Hamilton


Terlepas siapa yang salah dan benar, FIA akan mengumumkan hasil investigasi sebelum GP F1 Australia pada 7-9 Juli mendatang.

Insiden tersebut juga mendapatkan perhatian dari mantan Presiden FIA, Max Mosley. Menurutnya, apa yang dilakukan Vettel adalah suatu hal yang berbahaya. Oleh karena itu, kata Mosley, seharusnya Vettel dikeluarkan dari balapan saat itu juga.

Baca: Valentino Rossi Bertahan di MotoGP, Asal . . . 


"Saya pasti tidak akan berteman dengan Ferrari, tetapi itu adalah faktanya. Rekomendasi saya adalah membawa Vettel keluar dari lomba dan membawa keseluruhan masalah ke Dewan Dunia untuk dinegosiasikan," kata Mosley seperti dikutip Fox Sports, Jumat (30/6/2017).

"Dari sudut pandang saya, tidak ada yang dapat ditolerir atas apa yang dilakukan oleh Vettel," sambungnya.

"Jika dia melakukannya di jalan, maka dia akan kehilangan surat izin mengemudinya," tutup Mosley. (Fox Sports)

Video: Pelatnas Atletik Bugarkan Kondisi Fisik Usai Libur Lebaran
 


(ASM)