Jelang F1 2017

Sulitnya Mendapatkan Settingan Terbaik untuk McLaren-Honda

Krisna Octavianus    •    15 Maret 2017 16:08 WIB
f1 2017
Sulitnya Mendapatkan <i>Settingan</i> Terbaik untuk McLaren-Honda
Mobil McLaren-Honda (Foto: AFP/JOSE JORDAN)

Metrotvnews.com, Barcelona: Direktur Balap McLaren, Eric Boullier mengaku tidak bisa menyulap dalam semalam untuk memperbaiki settingan mobil McLaren-Honda. Itu ia katakan setelah McLaren-Honda mendapat hasil buruk di tes resmi pra musim Formula 1.

McLaren mampu menyelesaikan 424 lap selama delapan hari tes resmi. Mereka kalah dari Toro Rosso yang berhasil melahap 584 lap. Jika dibanding dengan Mercedes, mereka jelas kalah jauh. Mercedes berhasil menjalani 1.096 lap.

BACA: Jusuf Kalla: Asian Games 2018 Perlu Penghematan dan tidak Jor-joran

Dari segi kecepatan, mereka masih belum menemukan yang terbaik. Catatan waktu terbaik mereka diraih oleh Stoffel Vandoorne dengan ban Ultra Soft. Meski begitu, selisih waktu dengan Ferrari yang menguasai tes pra musim masih terbentang 2,714 detik. Mereka hanya lebih cepat dari Sauber.

"Meskipun kami telah menderita sejumlah masalah selama dua pekan pengujian, kami sudah pasti belajar banyak tentang mobil, dan kami tahu masalah yang perlu ditangani," ujar Boullier.

"Ini jelas, tidak bisa ada perbaikan hanya dalam semalam, tapi kami berharap baik McLaren dan Honda akan dapat membuat kemajuan menjelang Grand Prix Australia dalam dua pekan selanjutnya," lanjutnya.

"Semua orang dalam tim telah bekerja tanpa lelah dan tanpa henti untuk terus bergerak demi kemajuan dan saya sangat bangga dan menghargai kerja keras dan tekad yang ditunjukkan dalam tim," sambungnya.

"Ini bukan periode pengujian yang mudah bagi kami, tapi kami semakin termotivasi untuk mengubah secepatnya dan menemukan solusi yang kami butuhkan untuk bisa kembali ke jalur dan menuju ke arah yang benar," pungkas Boullier.

BACA: Ada Sentuhan Warna Feminin di Mobil Force India

Penampilan McLaren-Honda memang tak sesuai harapan dalam beberapa musim terakhir. Mereka berada di urutan kesembilan dari 10 tim pada musim 2015 dengan 27 poin. Pada musim lalu, peringkat mereka naik baik dengan berada di urutan enam besar dari 11 tim, mengumpulkan 76 poin.

 


(ASM)