Felippe Massa Pensiun

Massa Tatap Tantangan Baru Usai Pensiun dari F1

Gregah Nurikhsani Estuning    •    24 November 2017 14:16 WIB
f1 abu dhabif1 2017
Massa Tatap Tantangan Baru Usai Pensiun dari F1
Felipe Massa. (Foto: AFP PHOTO / Nelson ALMEIDA)

Abu Dhabi: Race di Grand Prix Formula 1 Abu Dhabi bakal menjadi yang terakhir bagi Felipe Massa. Pembalap Williams itu mengaku siap dengan 'tantangan baru' dan tak ada yang disesali selama membalap di F1.

Tahun lalu, Massa sebenarnya sudah mengumumkan bakal pensiun dari dunia yang membesarkannya. Namun tiba-tiba ia membatalkan niatnya itu dan bergabung dengan Williams, berduet dengan Lance Stroll.

Pembalap asal Brasil itu sebelumnya enggan menyebut siapa yang bakal menggantikannya di Williams tahun 2018 mendatang. Sempat beredar bahwa Robert Kubica akan masuk, namun Williams sendiri belum bisa memastikannya.
 

Baca: Greysia/Apriyani Amankan Tiket Semifinal


Massa menekankan hanya ingin fokus pada balapan terakhirnya di Sirkuit Yas Marina. Kendati begitu, ia tidak tertekan dan sebaliknya, Massa justru merasa nyaman.

"Saya nyaman saat ini. Ada orang bertanya pada saya, 'saat Anda menutup pintu keluar dari rumah, apakah Anda berpikir bahwa Anda sedang menuju akhir karier Formula 1?' Saya bahkan tidak memikirkannya, jujur saja. Jadi, saya merasa cukup nyaman," ungkapnya dikutip dari Crash.

Massa telah memenangi 11 race sepanjang kariernya. Ia juga telah naik podium sebanyak 41 kali, namun belum satu kali pun menjuarai Formula 1.

Kendati demikian, pembalap berusia 36 tahun itu mengatakan tak ada penyesalan selama menunggangi jet darat. Alih-alih, ia justru siap dengan tantangan baru ke depannya.

"Saya siap menghadapi race terakhir, saya siap menjalani tantangan baru dalam hidup saya. Sejujurnya, tak ada hal yang saya sesali sepanjang karier saya," sambungnya.

"Saya sangat senang dan beruntung dengan apa yang telah saya raih sejauh ini. Tapi, tantangan baru di depan mata, saya harus siap," pungkasnya.

Video: Renovasi Seluruh Venue GBK Capai 90 Persen
 


(KRS)