Force India Kesampingkan Williams

Gregah Nurikhsani Estuning    •    24 Januari 2018 14:02 WIB
Force India Kesampingkan Williams
Sergio Perez (depan) akan jadi andalan Force India di F1 2018. (Foto: Clive Rose/Getty Images/AFP)

Silverstone: Deputi team principal Force India, Bob Farnley menyebut McLaren dan Renault bakal menjadi pesaing utama mereka pada ajang Formula 1 2018.

Tidak masuknya Williams sebagai pesaing Force India sebagai pesaing bukan tanpa alasan. Selain berhasil mengamankan posisi empat besar klasemen konstruktor dalam dua tahun beruntun, Force India juga unggul jauh dari Williams (104 poin).

Renault dipilih menjadi satu dari pesaing utama karena rentetan performa apik melalui pembalap Nico Hulkenberg. Sedangkan McLaren masuk perhatian serius tatkala mereka mengganti mesin Honda dengan Renault per tahun 2018 ini.

Klik: Lorenzo Ingin Ducati Mengikuti Arahannya

"Perhatian kami adalah Renault dan McLaren, mereka ancaman serius, kami harus menimpali degan serius pula," ujar Fernley dinukil dari Motorsport.com.

Menariknya, Force India menganggarkan dana paling minim dibanding Renault dan McLaren. Uang 90 juta pounds terlampau jauh jika melihat anggaran dana kedua pabrikan tersebut.

Renault memiliki anggaran untuk musim 2018 mencapai 150 juta pounds. McLaren bahkan dua kali lipat Force India, yakni 185 juga pounds.

"Sulit bersaing melawan dengan anggaran yang lebih besar. Namun, kami telah melakukannya selama dua tahun beruntun, jadi tidak ada alasan mengapa kami tidak dapat melakukannya untuk yang ketiga," timpal Fernley mencoba optimistis.

Video: Jokowi Puji Perubahan Istora Usai Renovasi
 
(ASM)