Regulasi F1

Ecclestone Ingin F1 Dibagi jadi Dua Race

Ahmad Garuda    •    22 November 2016 11:36 WIB
regulasi f1
Ecclestone Ingin F1 Dibagi jadi Dua Race
Bernie Ecclestone ingin balapan F1 dibagi dua, 1 race 40 menit. XPB Images

Metrotvnews.com, Inggris: CEO Formula One Management (FOM), Bernie Ecclestone menegaskan untuk membuat Formula One (F1) lebih dilirik, harus dilakukan evolusi regulasi. Terkhusus untuk sporting regulation yang dirasakan tak lagi menarik. Pria baya tersebut menegaskan bakal membuat balap F1 jadi dua bagian.

Artinya akan ada dua race (race 1 dan race 2) yang biasanya hanya dilakukan untuk ajang balap motor atau balap touring saja. Pembagian dua race ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan penyelenggaraan balap yang hanya sekitar 40 menit saja.

"Sekarang orang-orang hanya ingin balapan dengan waktu yang singkat. Bahkan di beberapa ajang balap luar negeri, sengaja dibikin maksimal 40 menit, untuk membuat balapan lebih menarik. Salah satu contoh bisa dilihat di F1 Brasil. Di sana, balapan berlangsung cukup panjang, tapi orang-orang tetap menunggu karena balapan ini berlangsung dalam beberapa kali start," ujar Ecclestone.

Ecclestone sudah menegaskan bahwa mereka harus meninjau ulang regulasi balap yang cukup panjang di F1. Jika balapan berlangsung dalam waktu 40 menitan, maka pembalap punya waktu bersantai di antara kedua balapan, juga mendapat wawancara dari jurnalis dan lain sebagainya.

Sistem kualifikasi masih akan dialokasikan pada hari Sabtu untuk menentukan posisi start di race-1 dan race-2. Tapi yang istimewa adalah karena mobil akan terasa lebih ringan. Karena beban bahan bakar yang biasanya cukup berat, akan dikurangi kadarnya hanya untuk sekali race saja. Sementara untuk race kedua ini masalh lain lagi.

Ia membandingkan dengan ajang balap yang ada di Amerika. Lantaran mayoritas balapan di negara tersebut berbasis pada waktu. Mereka mempertimbangkan ketertarikan penonton dan ternyata itu ampuh.


(UDA)