Vettel Tercepat di Tes Pramusim F1

M. Rizky Adhestian    •    28 November 2018 08:59 WIB
formula 1
Vettel Tercepat di Tes Pramusim F1
Sebastian Vettel (Foto: Formula1.com)

Abu Dhabi: Pembalap Ferrari Sebastian Vettel memuncaki catatan waktu tes pramusim Formula 1 2019 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada Selasa 27 November waktu setempat. Sementara itu, pembalap asal Indonesia, Sean Gelael berada di urutan 12.

Sebanyak sepuluh tim turun untuk melakukan tes pada ban baru pabrikan Pirelli yang akan digunakan untuk F1 2019. Namun, beberapa racikan dengan ban tahun ini juga dibawa untuk dilakukan perbandingan.

Pada pagi hari di awal-awal tes, Vettel sempat mengalami kecelakaan. Mobilnya kehilangan kendali dan sempat terpelintir menabrak dinding pada tikungan pertama trek Yas Marina.

Crash tersebut memang tidak terlalu parah. Namun, pembalap asal Jerman itu harus mengalami kerusakan pada sayap belakang dan bendera merah tetap dikibarkan pihak panitia.

Vettel kembali bangkit pada sore harinya setelah kembali ke trek. Runner-up F1 2018 itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 36,812 detik setelah melewati 67 lap.

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, mengikuti Vettel di posisi kedua. Menjadi satu-satunya driver The Silver Arrows pada sesi tersebut, Bottas menorehkan jarak 0,419 detik dengan Vettel.

Lance Stroll dan Kimi Raikkonen menjalani debut dengan tim barunya. Stroll, eks pembalap Williams Martini, menjajal mobil Force India dan meraih urutan ketiga. Setelah 56 lap, ia mampu menempel Vettel dengan jarak 1,087 detik.

Hasil kurang memuaskan menandai kembalinya Raikkonen ke tim Sauber. Setelah 17 tahun 'berpisah', debutnya harus berakhir lebih cepat. Ia berhenti di tengah trek setelah melewati 102 lap dan mobilnya di derek ke pit. Alhasil, Raikkonen berakhir di urutan sebelum terakhir dengan jarak waktu 3,066 detik dari Vettel.

Pembalap Indonesia, Sean Gelael, yang baru bergabung dengan tim Red Bull Toro Rosso langsung menjajal trek Yas Marina. Menggunakan ban tipe Hypersoft dan melewati 150 lap, Gelael berakhir di urutan terakhir dengan jarak waktu 3,623 detik dari Vettel.

Hasil Tes Pramusim F1 2019 Abu Dhabi:





(ASM)