F1 Abu Dhabi

Raikkonen Kecewa di F1 Abu Dhabi

Ahmad Garuda    •    29 November 2016 10:41 WIB
f1 abu dhabi
Raikkonen Kecewa di F1 Abu Dhabi
Kimi Raikkonen salah dalam menerapkan strategi pit stop. XPB Images

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Mengawali balapan dengan cukup mulus, membuat Kimi Raikkonen mampu tampil apik di awal berlangsungnya balapan di Formula One (F1) Abu Dhabi pada Minggu (27/11/2016). Namun pembalap asal Finlandia itu malah tak cukup konsisten. Posisinya pun melorot dan hanya mampu mengamankan posisi finish di urutan keenam.

Menyikapi hal tersebut, Ia menilai bahwa kesalahannya terletak di strategi pit stop dan pemilihan kompon ban. Sebastian Vettel yang melihat peluang besar setelah Raikkonen melakukan pit stop kedua lebih awal dan menggunakan ban kompon lunak, pun membuat strategi yang lebih baik.

Pembalap asal Jerman itu pun melakukan strategi pit stop kedua pada lap ke-37. Dengan 18 lap tersisa, Ia bisa memanfaatkan penggunaan ban kompon ekstra lunak untuk mengejar ketertinggalannya.

Hal itu pun langsung dibuktikan Vettel. Meski usai melakukan pit stop kedua masih berada di belakang Kimi Raikkonen, namun Ia dengan cepat bisa menyusul ke posisi depan. Bahkan nyaris membuat kedua pembalap tim Mercedes GP kewalahan.

"Apa yang dilakukan Vettel, itulah strategi terbaik. Tim berupaya memberikan strategi berbeda kepada dua mobil. Tapi ketika berada di posisi belakang, pembalap lebih mudah menerapkan strategi pit stop yang berbeda. Dalam hal ini Vettel sukses melakukannya," ujar Raikkonen.

Sang juara dunia F1 2007 itu juga menegaskan tak ada masalah teknis di mobilnya. Ini murni tentang kesalahan strategi saja. Tapi ini sudah terjadi dan Ia berharap tahun depan bisa lebih baik baginya.


(UDA)