Tes Pramusim F1

Kecepatan Mobil Ferrari 2017 Mirip dengan Era Awal 2000-an

Krisna Octavianus    •    03 Maret 2017 13:33 WIB
f1 2017
Kecepatan Mobil Ferrari 2017 Mirip dengan Era Awal 2000-an
Aksi Kimi Raikkonen di tes pra musim Catalunya (Foto: AFP/JOSE JORDAN)

Metrotvnews.com, Barcelona: Kimi Raikkonen mengatakan mobil Ferrari untuk musim 2017 mengingatkannya pada mobil era dirinya menjadi juara dunia pada 2007. Itu tak terlepas dari regulasi teknis soal ban yang lebih lebar dan tebal.

Raikkonen langsung terkenang dengan mobil yang pernah mengantarkan dirinya sebagai juara dunia pada 10 tahun lalu, Ferrari F2007. Selama dua musim dari 2007--2009, itu ada periode pertama pembalap yang dijuluki Iceman itu membalap bersama tim berlambang juda jingkrak tersebut.

BACA: Virtual Dashboard Belum Tentu Digunakan di MotoGP 2017

Tanda-tanda kehebatan Raikkonen dengan mobil Ferrari yang baru, SF70H terlihat dalam tes pramusim resmi di Sirkuit Catalunya tiga hari belakangan. Ia selalu menjadi yang tercepat dalam tiga hari tes tersebut. Pembalap asal Finlandia itu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 20,872 detik.

Beradasar pada pengalaman yang luas di F1 di tengah persiapan musim ke-15 di olahraga balap jet darat tersebut, Raikkonen merasa mobil baru ini bisa disejajarkan dengan mobil era awal 2000-an dengan peningkatan kecepatan yang diperlihatkan selama tes pertama pra musim.

"Ada cukup perubahan peraturan besar, sehingga mobil memiliki lebih banyak grip dan mobil-mobil yang lebih cepat karena itu," kata Raikkonen. 

"Mobil sedikit berbeda, tetapi lebih seperti apa yang pernah digunakan pada masa lalu. Mobil berbeda, tetapi jika lebih mudah atau lebih sulit untuk mendorong itu tergantung. Saya pikir itu selalu sulit untuk pergi cepat, tapi itu bagus," lanjutnya.

BACA: PBSI Menargetkan Bisa Pertahankan Satu Gelar di Ajang All England

"Saya pikir kecepatannya oke, dekat dengan apa yang kami rencanakan, tetapi Anda selalu ingin melakukan sedikit lebih baik. Tapi ini adalah apa yang kami lakukan dalam empat hari dan jika kami membandingkannya dengan bagaimana dengan kecepatan satu tahun yang lalu, saya pikir itu telah jauh dari apa yang kami inginkan, jadi itu adalah awal yang baik," pungkasnya.

 


(KRS)