F1 2017

FIA Terapkan Regulasi Sistem Keamanan Kokpit di F1 2018

Rendy Renuki H    •    20 Juli 2017 09:37 WIB
f1 2017
FIA Terapkan Regulasi Sistem Keamanan Kokpit di F1 2018
Pembalap Ferrari Sebastian Vettel memakai perangkat Shield pada mobilnya di Silverstone (motorsport.com)

Metrotvnews.com, Jenewa: Federasi Balap Mobip Internasional (FIA) berencana menerapkan regulasi penggunaan sistem keamanan kokpit pada gelaran Formula 1 musim 2018. Keputusan itu dikeluarkan FIA setelah mengadakan rapat strategi grup, Rabu 19 Juli waktu setempat.

FIA yakin perangkat keamanan itu bisa melindungi pembalap berkompetisi musim depan. Namun, mereka masih belum memutuskan apakan Halo atau Shield yang akan dipakai sebagai sistem keamanan kokpit musim depan.

Beberapa pabrikan memang telah menguji kedua sistem keamanan tersebut. Halo Shield telah diuji setidaknya satu kali oleh pembalap Ferrari Sebastian Vettel di seri Silverstone lalu.

(Baca: Tontowi Disiapkan Pelatih Bermain Hingga 2024)


Namun, pada tes tersebut Vettel mengakui merasa pusing dan hanya menyelesaikan satu putaran menggunakan Shield. Perangkat keamanan tersebut kemudian dirapatkan di Jenewa dan FIA menilai masih perlu penelitian lanjut.

Sementara, perangkat Halo pun masih mengundang pro-kontra dari sebagian pembalap karena terganggu pandangannya. Tapi FIA menekankan pertimbangan keselamatan yang menjadi prioritas sehingga desain Halo akan direvisi.

Motorsport.com melaporkan, hanya enam dari 10 tim F1 yang ikut pertemuan dengan FIA soal regulasi sistem keamanan kokpit. World Motor Sport Council pun turun tangan mewadahi pendapat para tim mengenai sistem keamanan kokpit, yang nantinya akan dilakukan voting.

Video: Thomas Lebas Juara Umum Tour de Flores 2017
 


(REN)