F1 Abu Dhabi

Verstappen, Pembalap Paling Bernyali untuk Urusan Ban

Ahmad Garuda    •    29 November 2016 12:03 WIB
f1 abu dhabi
Verstappen, Pembalap Paling Bernyali untuk Urusan Ban
Max Verstappen sempat tergelincir di lap pertama dan memaksa untuk menyusul dari grid paling belakang sepanjang balapan berlangsung. XPB Images

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Masih ingatkah Anda ketika Max Verstappen mampu meraih kemenangan pertamanya di Formula One (F1) Spanyol? Kemenangan itu tak terlepas dari strategi apiknya menggunakan kompon ban dengan sangat baik.

Ia adalah salah satu pembalap yang cukup berani menggunakan ban dalam jangka waktu yang cukup lama. Padahal Sebastian Vettel pernah merasakan bertaruh menggunakan kompon ban lunak lebih lama, dan kemudian bannya tiba-tiba meledak tepat saat memasuki lap 26 di F1 Austria.

Verstappen kembali membuktikan kepiawaiannya menggunakan kompon ban lebih bijak. Mengawali balapan dengan ban kompon ekstra lunak (supersoft) yang sebelumnya Ia gunakan di sesi kualifikasi, Ia masih sanggup menjalani 21 lap. Artinya Ia berani bermain risiko besar yang mungkin saja Ia hadapi saat balapan berlangsung.

Beruntung penurunan temperatur permukaan sirkuit cukup cepat, sehingga Ia bisa memaksimalkan penggunaan kompon ban supersoft tersebut hingga menjalani 21 lap. Lantaran mampu menggunakan ban kompon ekstra lunak cukup lama, Ia pun tak ragu bisa menggunakan ban kompon lunak lebih lama.

Dan ternyata itu benar adanya, Ia mampu menjalani 34 lap di F1 Abu Dhabi di stint keduanya. Verstappen adalah satu-satunya pembalap yang mampu membawa strategi sekali pit stop di putaran pamungkas F1 2016.

Sayangnya, Ia mengalami nasib buruk di awal balapan, sehingga Ia tak mampu bertarung meraih kemenangan.

Berikut infografis strategi pit stop dan pilihan ban:



(UDA)