Persiapan F1 2017

Perubahan Regulasi di 2017, Bakal Buat F1 Lebih Menarik

Ahmad Garuda    •    20 November 2016 13:42 WIB
pembalap f1
Perubahan Regulasi di 2017, Bakal Buat F1 Lebih Menarik
Jenson Button menganggap perubahan regulasi F1 2017, bisa bikin F1 lebih seru. XPB Images

Metrotvnews.com, Inggris: Saat mantan bos Mercedes GP, Ross Brawn menganggap bahwa perubahan regulasi Formula One (F1) 2017 takkan mengubah dominasi tim, lain halnya dengan Jenson Button. Pembalap tim Honda Racing itu, menganggap bahwa itu akan membuat pagelaran balap F1 makin menarik.

Pembalap yang bakal mengakhiri karir balapnya di F1 setelah seri terakhir musim (2016) di Abu Dhabi mendatang, mnganggap bahwa perubahan regulasi F1 signifikan, tapi takkan membuat kebosanan. Jika sebelumnya Mercedes GP tampil sangat agresif dengan performa yang selalu tak tersusul pembalap lain, tahun depan belum tentu akan seperti itu.

"Dengan adanya perubahan positif ini, saya rasa pagelaran balap F1 tahun depan bakal lebih menarik dari tahun ini. Tim-tim balap bakal mulai melakukan pengembangan dan riset akhir tahun ini. Ada yang memprediksi bahwa dengan aturan baru F1 2017, catatan waktu tiap pembalap akan naik sebanyak satu detik," ujar Button.

Perubahan regulasi F1 dari 2016 ke 2017 secara umum menawarkan perubahan signifikan pada bodi mobil. Dimensinya nanti bakal lebih lebar, sayap dengan juga lebih panjang, lalu sayap belakang bakal lebih rendah, dan ban lebih lebar. Semua perubahan ini diklaim bisa menerobos waktu tercepat sekitar 5 detik lebih baik.

Bagi tim-tim manufaktur seperti Honda Racing, menjadi kesempatan bagi mereka untuk bisa tampil kompetitif. Tapi patut mereka ingat, bahwa tim yang sangat digdaya menemukan paket terbaik untuk sistem aerodinamika adalah tim Red Bull Racing. Mereka bahkan sudah membuktikannya dari 2009-2013. Saat itu Sebastian Vettel secara beruntun meraih titel juara dunia bersama mereka.


(UDA)