F1GP Meksiko

Lewis Hamilton Segel Gelar Juara Dunia Kelima F1GP

Kautsar Halim    •    29 Oktober 2018 07:19 WIB
F1 2018
Lewis Hamilton Segel Gelar Juara Dunia Kelima F1GP
Lewis Hamilton menyapa para penggemar ketika masih berada di dalam jet darat Mercedes. (RODRIGO ARANGUA / AFP)

Mexico City: Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia F1GP musim 2018. Prestasi itu ia raih setelah finis keempat di ajang GP Meksiko pada Senin 29 Oktober dini hari WIB.

Finis keempat sudah cukup bagi Hamilton untuk menjadi juara dunia karena raihan poinnya tak mungkin dikejar pembalap lain. Terlebih lagi, balapan musim ini hanya tersisa dua seri.

Setelah finis ke empat di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodríguez, Mexico City, Hamilton memiliki koleksi 384 poin. Jumlah itu berselisih 64 poin dengan Sebastian Vettel merupakan pesaing terdekatnya.

Klik: Cavaliers Resmi Pecat Tyronn Lue Sebagai Pelatih

Prestasi ini sekaligus juga merupakan gelar dunia kelima Hamilton (2008, 2014, 2015, 2017 dan 2018). Dia telah menyamai rekor pebalap legendaris Argentina, Juan Manuel Fangio, yang tenar pada era 1950-an.

Perhelatan GP Meksiko itu berlangsung sengit dan berhasil dimenangkan oleh Max Verstappen yang tergabung dengan tim Red Bull. Rekan setimnya, Daniel Ricciardo, malah gagal finis lantaran mesinnya bermasalah.

Vettel dan Kimi Raikkonen sudah berusaha maksimal  menghalangi Hamilton dengan finis kedua dan ketiga. Sayangnya, Hamilton tetap finis di atas urutan ketujuh dan bisa menyegel gelar juara dunianya.

"Saya berterima kasih pada semua orang yang telah membantu saya hingga berada di sini dan mengangkat piala," kata Hamilton seusai balapan seperti dikutip Reuters.

Klik: Menyerah Dari Wakil Tiongkok, Marcus/Kevin Gagal Juara di French Open 2018

Meski persaingan sangat ketat, Hamilton tetap menunjukkan sikap sportif. Dia tidak lupa memeluk Vettel yang terlihat tidak terlalu ceria saat naik ke podium. Setelah itu, Hamilton baru beralih ke garasi Mercedes untuk merayakan kemenangan.

Bos tim Mercedes, Toto Wolff, turut memuji pencapaian Hamilton. Menurutnya, pembalap asal Inggris itu memang pantas menjadi juara.

"Ia sudah benar-benar dominan dalam balap tahun ini," ujar Wolff.

Dua seri yang tersisa pada musim ini adalah GP Brasil dan GP Abu Dhabi. Dalam 19 seri belakangan ini, Hamilton sudah naik podium pertama sebanyak sembilan kali. Posisi Vettel di urutan dua klasemen sementara juga sudah tidak bisa disalip pembalap lain.

Berikut hasil lengkap GP Meksiko:


 


(KAU)