Teknis Formula 1

Renault Pasok Mesin Baru di F1 2017

Ahmad Garuda    •    09 November 2016 17:20 WIB
teknologi f1
Renault Pasok Mesin Baru di F1 2017
Renault siap pasok mesin baru di F1 2017. Renault

Metrotvnews.com, Brasil: Kembalinya tim Renault Racing ke ajang balap Formula One (F1) sebagai tim pabrikan, ternyata tak membuat tim tersebut sontak tampil kompetitif. Tak melihat ada yang harus mereka perjuangkan tahun ini, tim yang berbasis di Inggris itu pun mulai menyiapkan mesin baru untuk F1 2017.

Tahun ini melalui tim Red Bull Racing, mereka mengoleksi dua kemenangan dan menjadi bukti bahwa mesin yang ada sekarang juga cukup kompetitif. Tapi karena sudah maksimal dan tak ada jalan lain untuk pengembangan, jadi pemicu bagi mereka untuk membuat mesin dengan konfigurasi baru.

"Kami melakukan improvisasi dan akan meluncurkan mesin baru untuk F1 2017. Mesin tersebut 100 persen baru dan takkan mengadopsi yang ada sekarang. Sejauh ini pengembangan yang kami lakukan berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan ekspektasi awal," beber Prinsipal tim Renault, Fred Vasseur yang dikutip dari Motorsport.com.

Beredar kabar di kalangan teknisi di paddock F1, bahwa mereka bakal mengaplikasi konfigurasi mesin, turbocharged dan kompresor yang mirip dengan punya Mercedes GP. Yaitu antara turbin turbo dipisah dengan penempatan kompresor.

"Ini adalah konsep Renault, bukan adopsi dari konsep manufaktur lain. Perubahan yang kami lakukan ini prossnya berlangsung enam sampai delapan bulan. Dan saya rasa tim teknis kami melakukannya dengan baik."

Vasseur berharap dengan adanya perubahan regulasi besar-besaran terutama dimensi mobil, mereka punya impian besar untuk tampil kompetitif. Meski yang masuk hitungan itu adalah tim konsumen mereka yaitu Red Bull Racing.


(UDA)