Felipe Massa Pensiun

Untuk Kedua Kalinya, Felipe Massa Putuskan Pensiun

A. Firdaus    •    04 November 2017 20:05 WIB
f1 2017
Untuk Kedua Kalinya, Felipe Massa Putuskan Pensiun
Felipe Massa saat berada di F1 GP Meksiko (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Sao Paulo: Felipe Massa menyatakan pensiun dari dunia Formula 1 pada akhir musim. Pengumuman itu ia sampaikan pada Sabtu 4 November. Ini kedua kalinya pembalap Brasil tersebut menyatakan mundur dari F1.

Sejatinya, Massa telah memutuskan pensiun pada akhir musim lalu. Tapi pembalap berusia 36 tahun itu kembali ke kokpit beberapa bulan kemudian untuk memperkuat Williams.

Ketika itu Williams ditinggalkan Valtteri Bottas, yang memutuskan hengkang ke Mercedes demi mengisi posisi Nico Rosberg yang pensiun.

Klik di sini: 2017, Musim yang tak Terlupakan buat Yamaha Tech3

"Seperti yang Anda tahu, tahun lalu saya memutuskan untuk pensiun dari Formula 1, namun karena permintaan Williams saya memutuskan untuk membalap satu musim lagi, " ujar Massa.

Mantan pembalap Ferrari tersebut mengumumkan rencana pensiunnya dalam sebuah pesan video yang diunggah di media sosial. Massa berterima kasih kepada keluarga, para fan, dan sponsor, meski memastikan tak pensiun sepenuhnya dalam dunia balap.

"Tapi kali ini akan menjadi balapan terakhir saya di Brasil dari Formula 1 dan balapan terakhir saya di Abu Dhabi. Saya sangat Anda berharap bisa mendukung saya tahun depan atau mungkin di masa depan di arena balapan lain," terangnya.

Klik di sini: Indonesia Kirim Dua Wakil ke Semifinal Bitburger Open

Massa merupakan salah satu pembalap yang berjaya di dunia F1. Masa kejayaannya itu dirasakan pada saat memperkuat Ferrari pada 2006 hingga 2013.

Ketika itu ia mampu finis di akhir musim di peringkat ketiga pada 2006 dan menjadi runner up pada 2008, yang menjadikan itu musim terbaik buat Massa.

Pada musim ini, ia kembali memperkuat Williams dengan mobil M08 EQ Power, dan hanya mampu menduduki posisi ke-11 klasemen sementara mengoleksi 36 poin dengan menyisakan dua balapan.

Dua Pegolf Jabar Juara Kerjurnas Amatir 2017
 


(FIR)