Pembalap F1

Button Bangga Meski Tak Finish di F1 Abu Dhabi

Ahmad Garuda    •    30 November 2016 09:10 WIB
pembalap f1
Button Bangga Meski Tak Finish di F1 Abu Dhabi
Jenson Button menyapa kru timnya satu per satu. Honda Racing

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Tidak finish karena mengalami masalah suspensi sebelah kanan depan, Jenson Button malah menegaskan bisa mengambil keputusan pensiun. Pembalap asal Inggris itu akhirnya menamatkan perjalanan karir balapnya di Formula One (F1) setelah menjalani musim balap terakhirnya tahun ini.

"Orang-orang akan pergi dan banyak yang bilang ini sangat menyedihkan karena Button tak menyelesaikan musim balap ini dengan baik. Tapi bagiku tidak, saya sangat bahagia, girang dan bagiku, perjalanan karir di F1 selama ini sangat menggembirakan. Terimakasih banyak kepada fans yang sudah banyak memberikan dukungan," ujar Button.

Pembalap asal Inggris itu mengawali karirnya bersama tim William BMW. Ia menyatakan bahwa saat itu sangat tidak mudah bagi seorang pembalap baru untuk meraih poin. Tapi sekarang bisa lebih baik, karena di posisi 10 seorang pembalap sudah bisa tampil meraih poin. Meski demikian juga tak mudah.

"Sejak saya berusia 20 tahun, banyak dukungan besar yang mengalir. Saat ini banyak dukungan berupa pesan di sosial media bahwa mereka sudah mengikuti saya sejak awal karir di F1. Perjalanan karir ini tidak mudah karena ada naik dan turun."

Button hanya setahun menjalani karir di tim William BMW dan akhirnya pindah ke tim Benetton dan akhirnya pindah lagi ke tim Renault di 2002. Ia akhirnya bernaung ke tim BAR yang akhirnya berubah nama jadi BAR Honda. Ia memenangi balapan pertamanya di 2006 saat Honda tak punya harapan untuk meraih kemenangan.

Kemudian mengamankan titel juara dunia bersama tim BrawnGP  di 2009 dan bergabung ke tim McLaren-Mercedes di 2010. Hingga Ia mengakhiri karirnya di tim tersebut.


(UDA)