F1

Haas Menentang Peraturan Baru Aerodinamika F1 2019

M. Rizky Adhestian    •    08 Mei 2018 12:17 WIB
F1 2018
Haas Menentang Peraturan Baru Aerodinamika F1 2019
Pembalap Haas, kevin Magnussen (Foto: AFP/Andrej Isakovi)

Kannapolis: Formula 1 mengeluarkan perubahan peraturan teknis untuk kejuaraan musim 2019. Namun, Haas menentang keputusan tersebut karena dianggap memberatkan tim-tim kecil.

Pekan lalu, F1 menggelar pemungutan suara berkaitan dengan perubahan peraturan sektor aerodinamika  yang akan diterapkan untuk 2019. Pemungutan suara tersebut dilakukan secara elektronik dan diikuti oleh seluruh tim yang berkompetisi.

Perubahan yang direncanakan meliputi sayap depan yang lebih sederhana, mekanisme rem depan, dan sayap belakang yang lebih lebar dan ke dalam. Tujuannya, untuk membantu dalam balapan trek sempit dan lebih banyak salip-menyalip musim depan.

Bos Haas, Guenther Steiner menjadi yang pertama menyuarakan ketidak-setujuannya pada perubahan peraturan tersebut. Alasannya, ia khawatir perubahan yang mendadak ini akan memaksa perombakan besar pada desain yang sudah dirancang timnya untuk musim 2019.

Baca: Mercedes Tepis Isu Rekrut Ricciardo


"Sekarang mereka (F1) mengeluarkan peraturan aero baru untuk 2019 ini, kami mungkin harus merubah rencana kami. Keputusan itu akan dibuat pekan depan," kata Steiner dikutip Crash, Selasa 8 Mei 2018.

"Untuk tim kecil seperti kami, bukanlah sebuah keuntungan untuk menerapkan peraturan teknis baru yang mendadak begini. Kami akan lakukan yang terbaik, tapi tidak akan mudah," sambungnya.

Baca: Marquez Terkejuat Melihat Gaya Balap Lorenzo


Haas sebelumnya digadang-gadang akan menjadi kuda hitam yang bisa membuat kejutan di papan tengah. Kini, tim yang berbasis di Amerika Serikat itu bertengger di urutan kedelapan klasemen konstruktor dari total sepuluh tim. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Promosi Asian Games, Menpora Pawai Motor Bersama Cak Imin & Menaker


(ASM)