Raikkonen Bukan 'Anak Tiri' Ferrari

Gregah Nurikhsani Estuning    •    27 April 2018 05:14 WIB
F1 2018
Raikkonen Bukan Anak Tiri Ferrari
Kimi Raikkonen. (Foto: AFP PHOTO / POOL)

Azerbaijan: Kimi Raikkonen menyebut jika dirinya memiliki 100 persen kebebasan dan kesempatan untuk bersaing menempati podium tertinggi. Satu tim bersama Sebastian Vettel, ia mengaku tidak dianaktirikan oleh Ferrari.

Pada Formula 1 (F1) GP Tiongkok beberapa hari lalu, ia dinilai sengaja mengalah demi memberikan tempat buat Vettel agar bisa melesat ke posisi terbaik. Raikkonen sadar hal tersebut pastinya menjadi omongan media, namun ia menolak anggapan itu.

"Sudah saya duga. Usai balapan, mudah bagi Anda mengatakan ini dan itu, terkait strategi tim dan lain sebagainya. Ketika hasil balapan terlihat, mudah buat kalian mengklaim seperti itu, tapi kalian tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi saat balapan," ujar Raikkonen dikutip dari laman resmi Formula 1.

Klik: Empat Wakil Ganda Putra Ludes di Babak Kedua

"Saya di sini ditugaskan melakukan yang terbaik. Tak mungkin saya berada di tim ini kalau saya tidak melakukan apa yang tim minta," sambungnya.

Raikkonen berhasil menampilan performa apik sepanjang F1 musim 2018 ini. Dua kali naik podium tiga, pembalap Finlandia itu kini bercokol di posisi kelima klasemen sementara.

Kendati begitu, dalam benaknya ia merasa kalau seharusnya bisa lebih baik dari itu. Ia menyadari ada pertimbangan tertentu dari sekadar raihan individu, oleh karena itu, yang terpenting bagi Raikkonen saat ini adalah tim sudah puas dengan data yang ada.

Berada dalam bayang-bayang Vettel, Raikkonen acap kali diberondong pertanyaan dari jurnalis mengenai peran dan peluangnya keluar sebagai yang terbaik di akhir musim. Secara tegas, ia mengatakan kalau Ferrari memberikan dirinya kesempatan yang sama dengan Vettel untuk menjadi juara.

"Yang saya tahu, saya mendapatkan 100 persen kesempatan yang sama dengan pembalap lain di tim ini," pungkas Raikkonen.

Video: 4 Wakil Indonesia Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia
 


(PAT)