F1 2018

Vettel Kesal dengan Rulebook F1

M. Rizky Adhestian    •    06 Juli 2018 11:28 WIB
formula 1F1 2018
Vettel Kesal dengan Rulebook F1
Sebastian Vettel (Foto: AFP PHOTO / Andrej ISAKOVIC)

Silverstone: Sebastian Vettel merasa F1 seperti 'melarang' para pembalapnya untuk balapan. Driver Ferrari itu merujuk pada terlalu seringnya pihak penyelenggara melakukan investigasi terhadap insiden dan memberikan penalti.

Vettel mengkritik keras F1 yang terlalu banyak mempermasalahkan hal-hal kecil. Ia merasa hal tersebut mempersempit ruang berkreasi para pembalap di trek.

Akhir pekan lalu, Vettel menerima penalti mundur tiga grid setelah dinilai menghalangi pembalap Force India, Carlos Sainz, pada sesi kualifikasi GP Austria. Padahal, insiden tersebut tidak mempengaruhi hasil kualifikasi Sainz.

Baca: Dua Atlet Muda Indonesia Lolos ke Olimpiade Remaja 2018

Menurut Vettel, F1 bukan sesuatu yang setiap kejadiannya bisa disamakan sebagai sebuah insiden. Menurutnya, beberapa hal tidak perlu diganjar penalti yang membuat F1 menjadi sangat ketat.

"Saya sudah bilang saya tidak suka penalti-penalti ini. Motorsport bukan hitam dan putih jadi tidak semua keputusan bisa disikapi dengan sama. Saya tidak melihat adanya keharusan untuk selalu memutuskan (insiden), tapi olahraga ini sudah jadi begitu," kata Vettel dikutip Motorsport, Jumat 6 Juli 2018.

"Setiap insiden harus diperhatikan dan sekarang tidak ada lagi istilah 'insiden balapan'. Jadi kami mengikuti rulebook dengan judul 'kami tidak boleh balapan' karena terkadang seperti itu rasanya," sambungnya.

F1 akan melanjutkan pagelarannya pada akhir pekan ini di Silverstone, Inggris. Sesi latihan pertama akan dimulai pada Jumat 6 Juli sore ini.



(ASM)