McLaren F1 2018

McLaren Tolak Sponsor Utama, Ingin Pertahankan Merek Sendiri

Krisna Octavianus    •    01 Maret 2018 15:59 WIB
F1 2018
McLaren Tolak Sponsor Utama, Ingin Pertahankan Merek Sendiri
Mobil McLaren untuk musim 2018. (Foto: AFP/JOSEP LAGO)

Barcelona: Direktur Eksekutif McLaren Zak Brown mengatakan bahwa dia tidak mencari sponsor utama untuk menyokong tim. Dia tidak mau nama tim sampai berubah karena adanya sponsor utama.

Sejak mengambil peran dalam menjalankan tim pada Desember 2016, Brown telah ditugaskan untuk menemukan sponsor baru untuk McLaren. Dengan kesenjangan keuangan yang signifikan semenjak ditinggalkan oleh Honda pada akhir tahun lalu, McLaren membutuhkan semacam penyembuhan.

McLaren telah mengumumkan kesepakatan komersial dengan Dell dan CNBC selama musim dingin, dan mobil MCL33 yang baru diluncurkan ada nama merek pakaian perusahaan selancar Fernando Alonso yang baru, Kimoa. Akan tetapi, masih ada ruang kosong pada mobil McLaren musim ini.

McLaren belum pernah bekerja sama dengan sponsor utama sejak kepergian Vodafone pada akhir musim 2013. Brown mengatakan bahwa sementara mitra komersial besar masih dicari, tetapi sponsor itu nantinya tidak akan menjadi sponsor reguler.

"Kami tidak menginginkan sponsor utama. Apa yang kami inginkan adalah mitra utama," kata Brown.

"Jadi titel level branding adalah semua orang di sini yang akan memikirkannya, tapi kami ingin mempertahankan nama kami, McLaren. Kami tidak terlalu tertarik untuk menjual nama tersebut kepada perusahaan lain," lanjutnya.

"Sponsor membutuhkan waktu bersama untuk mengerti ini. Kami membawa lima mitra baru selama jeda dan itu lebih dari tim lain, jadi saya cukup senang dengan kemajuan kami. Ini akan memakan waktu. Jelas semakin banyak uang yang kita bawa, kita bisa masuk ke tim balap, tapi kita belum menganggarkan untuk menjadi tim juara tahun ini, jadi kita berada di jalur finansial," pungkasnya.

Enam dari 10 tim di grid F1 memakai nama sponsor utama pada 2018 yang memiliki dampak pada nama resmi mereka; Mercedes AMG Petronas Motorsport, Sahara Force India, Aston Martin Red Bull Racing, Alfa Romeo Sauber, Red Bull Toro Rosso Honda, dan Williams Martini Racing. (crash)

 


(ACF)