Formula 1

Formula One Bakal Tambah Seri Lagi!

Ahmad Garuda    •    17 November 2016 17:43 WIB
formula 1
Formula One Bakal Tambah Seri Lagi!
Liberty Media ingin tambah seri penyelenggaraan Formula One jadi total 22 seri.

Metrotvnews.com, Las Vegas: Pemilik saham terbesar balap Formula One (F1) yaitu Liberty Media Group, tak puas jika penyelenggaraan balap jet darat itu tak meriah di negara asalnya, Las Vegas, Amerika Serikat. Makanya ada wacana tentang penambahan jumlah seri di ajang balap mobil berteknologi termutakhir itu.

Konsep dasarnya akan berbasis mencari keuntungan tambahan. Artinya ini bakal diplot sebagai ajang bagi tim-tim balap yang ada untuk meraup pundi-pundi pemasukan yang lebih besar. Tapi penyelenggaraan balap ini takkan memakan biaya sebesar penyelenggaraan F1 Monako atau F1 Monza, Italia.

"Ada beberapa hal yang cukup menarik untuk penyelenggaraan seri tambahan di F1 ini, selain dari sisi teknis balapan. Badan tertinggi balap mobil dunia yaitu FIA bisa menghasilkan lebih banya uang, kemudian tim-tim balap juga begitu dan kita semua bisa meraup duit yang lebih banyak," ujar Chief Executive Liberty Media, Greg Maffei.

Mereka sadar bahwa jumlah seri di F1 sekarang ini sudah cukup banyak. Tapi untuk menambahkan satu seri lagi rasanya tidak akan membuat hal negatif.

"Memang akan ada keterbatasan jumlah seri yang mampu kita gelar. Tapi rasanya penambahan jumlah seri yang sifatnya tidak terlalu berat seperti F1 Monako atau Monza, rasanya masuk akal. Kami ingin menambahkan balapan malam di Las Vegas, dan itu akan menarik."

Seperti kita ketahui, jumlah seri penyelenggaraan F1 saat ini mencapai puncaknya alias jumlah yang terbanyak sepanjang penyelenggaraan balap F1 dunia. Artinya, jika ada penambahan, maka titik awal penyelenggaraan F1 di awal musim, mungkin maju dua pekan dari musim ini.


(UDA)