Pembalap F1

Alonso Hadiri Laga Terakhir Webber di Balap Ketahanan Dunia

Ahmad Garuda    •    23 November 2016 17:42 WIB
pembalap f1
Alonso Hadiri Laga Terakhir Webber di Balap Ketahanan Dunia
Fernando Alonso hadiri laga terakhir Mark Webber di ajang WEC 2016. Ferrari

Metrotvnews.com, Bahrain: Ketertarikan Fernando Alonso untuk balapan di ajang balap ketahanan, memang sudah berlangsung sejak 2014. Peluang untuk ikutan balap pun hadir di 2015, namun Honda tak ingin memberikan izin, mengingat rival utama mereka di sana yaitu Toyota ikut balapan.

Tapi kedatangan Alonso di putaran terahir World Endurance Championship (WEC) 2016 di Bahrain (19/11/2016) kemarin, menunjukkan bahwa Ia ingin memberikan penghargaan terakhir bagi Mark Webber. Mantan pembalap Red Bull Racing itu bakal mengakhiri perjalanan karir balapnya dan menjalani sisa hidupnya buan sebagai pembalap lagi.

Alonso pun menegaskan bahwa Ia sangat ingin berlaga di WEC bersama Webber, tapi pembalap asal Australia itu lebih dahulu mengambil keputusan pensiun. "Saya rasa Ia masih akan berada di ajang balap ini dalam beberapa waktu ke depan. Tapi saya akan memintanya untuk bergabung ketika saya berada di jalur yang sama," papar Alonso.

Sekadar info singkat, Mark Webber adalah pembalap yang cukup lama menjalin karir di ajang balap Formula One (F1). Ia pernah jadi rekan setim Sebastian Vettel dan menjadi saksi pencapaian titel juara dunia yang diraih Vettel selama beberapa musim.

Kehadiran Alonso di WEC juga jadi penanda bahwa Ia siap pindah ke ajang balap ini jika sudah bosan dengan balapan di F1. Ia bahkan pernah menyatakan kekesalannya kepada otoritas terkait di balapan Formula One (F1) karena mengganti jadwal penyelenggaraan F1 di 2016. Sehingga Ia tak jadi turun di ajang balap Le Mans 24 jam yang menjadi rangkaian seri WEC.

Hal lain yang membuat Alonso cukup kecewa adalah karena penyelenggara F1 juga tidak melihat ajang balap seperti WEC yang punya regulasi bagus. Misalnya seperti jumlah seri yang hanya 9 saja, dibandingkan dengan F1 yang memiliki jumlah 21 seri.

Webber sudah memprediksi beberapa pembalap F1 saat pensiun dari ajang balap tersebut, bakal memilih WEC sebagai tempat mereka berlabuh. Mengingat ajang balap ketahanan ini punya keseruan tersendiri.


(UDA)