Hamilton Tidak Suka Sirkuit GP Prancis

Gregah Nurikhsani Estuning    •    29 Desember 2017 16:31 WIB
formula 1lewis hamilton
Hamilton Tidak Suka Sirkuit GP Prancis
Lewis Hamilton. AFP PHOTO / POOL / VALDRIN XHEMAJ

London: Setelah absen menggelar Grand Prix Formula 1 selama sembilan tahun, Prancis akan kembali menjadi salah satu seri musim depan. Sirkuit Paul Richard dipilih sebagai venue, yang sayangnya mendapat penilaian negatif dari juara dunia F1 2017, Lewis Hamilton.

Sebelumnya, dari tahun 1991 hingga 2008, Sirkuit Magny Cours digunakan sebagai venue penyelenggaraan F1 Prancis. Sedangkan Paul Richard dipakai di 14 kesempatan antara tahun 1971-1990.

Kembalinya Paul Richard sebagai venue GP Prancis sebetulnya disambut baik oleh mayoritas pecinta balap jet darat, tapi tidak dengan Hamilton. Pembalap asal Inggris secara tegas menyatakan ketidaksukaannya terhadap sirkuit tersebut.

Klik: Miliarder Rusia Ngotot Mendukung Sergey Sirotkin Membela Williams

"Jujur saja, saya tidak suka sirkuit itu, langsung saja saya katakan ini, saya lebih menyukai Magny Cours," ujarnya kepada Canal+.

Kendati begitu, Hamilton mensyukuri kembalinya Prancis sebagai host seri GP F1 musim 2018. Namun, ia heran dari sekian banyak sirkuit di Prancis, mengapa Paul Richard yang dipilih.

"Paul Richard berada di tempat yang indah, tapi sirkuitnya, mohon maaf, tidak sebaik Magny Cours. Saya senang Prancis kembali menggelar GP, sebab negara ini adalah salah satu yang terpenting di Eropa. Hanya, Anda kan tahu, Prancis banyak memiliki sirkuit yang bagus, Le Mans misalnya," tambahnya lagi.

Di sisi lain, Sirkuit Silvertone di Inggris tinggal menyisakan dua tahun lagi kontrak dengan penyelenggara Formula 1. Tahun 2019 bakal menjadi yang terakhir bagi Silvertone menjadi venue GP F1.

Video: PBSI Umumkan Skuat Pelatnas 2018
 


(KAU)