Jelang F1GP Tiongkok

Sebastian Vettel Segel Pole Pole Position F1GP Tiongkok

Kautsar Halim    •    14 April 2018 15:20 WIB
ferrariF1 2018
Sebastian Vettel Segel Pole Pole Position F1GP Tiongkok
Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen saat sesi kualifikasi F1GP Tiongkok. (Foto: Twitter F1)

Shanghai: Tim Ferrari masih tidak tertandingi pada kualifikasi F1GP Tiongkok yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu 14 April. Kedua pembalapnya, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, tetap berada di urutan teratas klasemen kualifikasi.

Vettel berhasil merebut pole position setelah mencatatkan waku terbaik 1 menit 31.095 detik. Raikkonen yang merupakan rekan setimnya sempat lebih cepat ketika menyelesaikan Kualifikasi Kedua (Q2), namun Vettel berhasil memperbaiki waktunya saat melakoni Q3.


Klik: Ferrari Dominasi FP3 GP Tiongkok


Tren positif Vettel patut dibanggakan karena Ferrari belum pernah mengisi pole position GP Tiongkok sejak 2004 silam. Terlebih lagi, catatan waktu Vettel juga telah memecahkan rekor waktu tercepat saat sesi kualifikasi GP Tiongkok.

Lewis Hamilton yang berstatus sebagai juara bertahan dari tim Mercedes tampil lebih baik ketimbang sesi latihan bebas ketiga (FP3). Namun, catatan waktuya tetap belum mampu melewati para pembalap Ferrari maupun rekan setimnya, Valtteri Bottas.

Bottas berhak menempati garis start ketiga setelah mencatatkan waktu terbaik 1 menit 31.182 detik. Torehan tersebut hanya berselisih 0.530 detik saja dengan Vettel. Sementara itu, Hamilton berada di belakangnya dengan catatan waktu 1 menit 31.675 detik.


Klik: Raikkonen Berharap Insiden Pit Stop tak Terulang


Performa Daniel Ricciardo yang mesin mobilnya meledak pada FP3 juga sudah membaik. Nantinya, ia akan memulai balapan dari urutan keenam atau satu strip di bawah rekan setimnya, Max Verstappen, yang menempati posisi kelima.

Empat pembalap terdepan diketahui menyelesaikan Q2 dengan menggunakan ban soft. Jadi, besar kemungkinan mereka akan menggunakan ban medium saat melakoni balapan sesungguhnya pada Minggu 15 April mendatang.

Pembalap tim Haas, Kevin Magnussen gagal untuk pertamakalinya ke Q3 pada musim ini. Itu terjadi karena ia kalah cepat sekitar 0.016 detik dengan rekan setimnya, Romain Grosjean. Dengan begitu artinya, Grosjean dan Magnussen akan memulai start dari urutan 10 dan 11.

Berikut hasil lengkap kualifikasi F1GP Tiongkok






 


(KAU)