F1 2017

FIA Uji Coba Sistem Keamanan Kokpit Baru di Silverstone

Rendy Renuki H    •    08 Juli 2017 22:20 WIB
f1 2017
FIA Uji Coba Sistem Keamanan Kokpit Baru di Silverstone
Prototipe sistem keamanan kokpit baru yang akan diuji coba FIA (BBC/FIA)

Metrotvnews.com, Jenewa: Federasi Balap Mobil Dunia (FIA) akan menguji coba prototipe sistem keamanan kokpit baru saat gelaran Grand Prix Formula 1 Inggris di Sirkut Silverstone, 16 Juli nanti. Pengujian tersebut merupakan rangkaian uji coba sistem keamanan yang telah dikembangkan di F1 sejauh ini.

Kali ini, sistem keamanan kokpit yang akan dipasang di mobil F1 tampak lebih sederhana. Sistem keamanan itu berbentuk seperti windshield yang biasa dijumpai di mobil dan motor.

Sistem keamanan itu menjadi jawaban dari kontroversi sistem keamanan sebelumnya yang dikenal dengan sebutan 'Halo'. Sistem yang diuji pada 2016 itu dianggap mengganggu visibilitas pembalap.

(Baca: Bottas Pimpin Balap, Hamilton Start dari Posisi Delapan)


"Sebuah geometri yang mungkin telah dikembangkan FIA, dan kini FIA bekerja sama dengan tim Formula 1 untuk menentukan geometri yang lebih jauh," bunyi pernyataan FIA.

Ide peluncuran sistem keamanan kokpit dicetuskan untuk melindungi kepala pembalap dari berbagai situasi genting. Seperti puing dan ban yang terbang ke arah pembalap, hingga jika terjadi insiden kecelakaan yang membuat mobil terbalik.

Ferrari disebut menjadi tim pertama yang akan menguji sistem keamanan itu di Silverstone. Uji penuh sistem keamanan kokpit itu baru akan diterapkan GP F1 Italia pada 1-3 September. (BBC)

Video: Diprediksi akan Ada Banyak Kecelakaan di GP F1 Austria
 


(REN)