Jelang F1 Abu Dhabi

Yas Marina Bukan Sirkuit yang Menantang

Ahmad Garuda    •    24 November 2016 16:49 WIB
f1 abu dhabi
Yas Marina Bukan Sirkuit yang Menantang
Sirkuit Yas Marina dianggap sebagai sirkuit yang tak menantang dari sisi teknis. Ferrari

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Karakter sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi diakui para pembalap bukan sebagai sirkuit yang memiliki show terbaik. Baik bagi para penonton maupun bagi para pembalap. Lantaran karakternya yang tidak terlalu menantang dari sisi layout, maupun profil dan tak adanya handicap.

"Ini takkan jadi sirkuit yang menyajikan balapan menarik seperti di sirkuit berkarakter alami lainnya. Banyak sekali tikungan yang punya karakter sama atau mirip antara satu dengan yang lainnya. Jadi akan terasa membosankan bagi para pembalap," beber pembalap tim Toro Rosso, Daniil Kvyat menjelang digelarnya putaran pamungkas laga F1 2016.

Tapi karena ini seri ini akan jadi penentu peraih titel juara dunia di Formula One (F1) 2016, maka ajang balap jet darat putaran terkhir ini sangat layak jadi tontonan akhir pekan.

Sejak menggelar balap F1 di 2009, Abu Dhabi selalu masuk dalam program pengetesan ban untuk mencari tahu karakter mobil dan juga ban seperti apa yang cocok dipasok oleh produsen ban di F1 tahun selanjutnya. Meski cukup menjemukan, namun karena digelar dalam dua kondisi yaitu dari terang ke gelap, Maka tantangannya adalah penurunan temperatur trek yang ekstrim di akhir-akhir balapan.

Sirkuit ini memiliki panjang 5,5 km, dan pembalap bakal menjalani balapan 305 km mengitari sirkuit ini sepanjang dari awal hingga ke garis finish nanti. Hingga saat ini Sebastian Vettel masih menjadi pembalap yang membukukan lap tercepat dalam sesi race dengan 1:40.279 detik di sirkuit tersebut pada tahun 2009.

Sementara lap tercepat untuk single lap dicetak oleh Lewis Hamilton di sesi kualifikasi kedua 2011 dengan 1:38.434 detik. Baik pembalap atau pun penonton, memberikan rating pada sirkuit ini 5,25 poin dari skala 10 poin untuk balapan.


(UDA)