Kisruh Hukuman Vettel

Vettel Dihukum, Ferrari Resmi Ajukan Banding

Krisna Octavianus    •    11 November 2016 10:40 WIB
f1 2016
Vettel Dihukum, Ferrari Resmi Ajukan Banding
Sebastian Vettel (tengah) saat berada di podium GP Meksiko, tapi kemudian gelarnya dicabut (Foto: AFP/YURI CORTEZ)

Metrotvnews.com, Brasil: Tim Ferrari resmi mengajukan banding terkait penalti yang dijatuhkan kepada Sebastian Vettel di GP Meksiko dua pekan lalu. Tim asal Italia itu meminta untuk ditinjau ulang dengan memerhatikan beberapa elemen.

Vettel sempat dipromosikan naik podium posisi ketiga dalam balapan GP Meksiko menyusul hukuman untuk Max Verstappen. Akan tetapi, ia kemudian kehilangan podium ketika ia dinilai melakukan pengereman yang salah saat membela diri dari kejaran Daniel Ricciardo di lap 70.

BACA: Momen-Momen Epik Rebut Juara Dunia di F1 Brasil

Vettel kemudian dihukum 10 detik. Ia mendapat hukuman tersebut karena dianggap terlalu agresif oleh FIA dalam hal defensif. Akan tetapi, Ferrari telah mengajukan banding untuk peninjauan hukuman di bawah kode olahraga internasional FIA yang dikelurakan sejak GP Amerika Serikat.

Sebuah pernyataan resmi Ferrari: "Ini telah menjadi aplikasi pertama dari Pasal 27.5 sebagaimana ditafsirkan atas dasar catatan direktur balapan pada manuver defensif yang efektif sejak GP AS 2016."

"Scuderia Ferrari menganggap bahwa sejumlah elemen baru telah datang ke permukaan setelah keputusan itu diberikan yang membuat keputusan bisa ditinjau berdasarkan pasal 14.1 dari kode olahraga internasional."

"Scuderia Ferrari menyadari bahwa peringkat kejuaraan tidak akan berubah, apapun hasilnya. Tapi mengingat pentingnya sebagai preseden untuk masa depan, dan untuk memberikan kejelasan dalam penerapan aturan dalam peristiwa masa depan, Scuderia Ferrari percaya bahwa keputusan harus dipertimbangkan kembali oleh stewards balap," pungkas pernyataan itu.

BACA: Trump jadi Presiden, Perez Takkan Pakai Kacamata Hawkers lagi

Direktur perlombaan F1, Charlie Whiting sampai menghadiri konferensi sampai pers FIA jelang GP Brasil untuk menjelaskan alasan rinci di balik keputusan untuk menghukum Vettel. Akan tetapi, juara dunia empat kali itu menyatakan ia masih tidak setuju dengan alasan tersebut.


(KRS)