Teknis Formula 1

Alonso: Pembalap Pemula Takkan Sulit Beradaptasi ke Mobil F1

Ahmad Garuda    •    09 November 2016 16:57 WIB
teknologi f1
Alonso: Pembalap Pemula Takkan Sulit Beradaptasi ke Mobil F1
Fernando Alonso anggap pembalap pemula tak sulit beradaptasi dengan mobil F1 sekarang. Honda Racing

Metrotvnews.com, Brasil: Perubahan regulasi dari tahun ke tahun dilakukan di ajang balap Formula One (F1), turut membuat para pembalap rookie atau pemula tak sulit beradaptasi ke mobil F1. Mobil jet darat itu kini lebih bersahabat dan tidak membuat pembalap yang baru naik kelas, merasa kesulitan.

Salah satu pembalap top F1 yang kini bernaung di tim McLaren Honda yaitu Fernando Alonso punya analogi tersendiri soal mobil F1. Ia menganggap bahwa pembalap pemula tak perlu melakukan banyak persiapan untuk bisa mengendarai mobil F1 dan finish di setiap balapan.

"Saya sangat ingat ketika era Giancarlo Fisichella dan Jarno Trulli ingin masuk ke F1. Mereka melakukan banyak persiapan karena saat mengendarai mobil ini, tenaga benar-benar terkuras dan seorang pembalap kadang-kadang harus duduk di podium untuk mengambil nafas dan menghilangkan lelah. Makanya kadang-kadang mereka melakukan latihan fisik setiap hari untuk membuat durabilitas tubuh makin baik. Sekarang tidak seperti itu lagi. Performa mobil sekarang semakin lambat," jelas Alonso.

Pembalap berkebangsaan Spanyol itu mengungkapkan bahwa cukup latihan dengan simmulator dan Play Station, seorang pembalap rookie bisa menguasai fitur-fitur di mobil F1. Mereka juga tak butuh latihan fisik yang terlalu keras agar bisa sampai ke garis finish setiap balapan.

Alonso berharap adanya perubahan regulasi untuk F1 2017, mampu membuat pembalap lebih berupaya keras untuk menguasainya. Sehingga dibutuhkan kerja keras bukan hanya dari tim teknis saja, namun juga upaya besar dari para pembalap.


(UDA)