F1 2018

FIA Umumkan Jadwal Perubahan Start Balapan F1

A. Firdaus    •    01 Februari 2018 23:37 WIB
f1
FIA Umumkan Jadwal Perubahan Start Balapan F1
Suasana grid sebelum lomba dimulai (Foto: AFP)

Paris: Federasi otomotif internasional (FIA) telah mengonfirmasi bahwa jadwal start Formula 1 2018 akan mengalami perombakan. Ini adalah kabar yang paling mengejutkan selama beberapa dekade di olahraga tersebut.

Sebenarnya semua jadwal sudah mengalami tahap akhir. Namun pemilik baru F1, Liberty Media terlalu tunduk pada permintaan siaran televisi. Terutama ketika ada siaran langsung ke grid, sepuluh menit sebelum start dimulai.

Tak hanya itu, pada sesi tersebut para penyiar televisi juga akan melakukan wawancara dengan para pembalap, atau sosok terkenal dalam dunia F1 yang datang ke grid.

Klik di sini: Bukan Marquez atau Rossi, Ini Lawan Terberat Lorenzo di MotoGP 2018

"Pemirsa televisi akan dibawa lebih dekat ke tim dan para pembalap. Mereka akan menikmati tontonan yang ditawarkan tepat sebelum start dilakukan," demikian sebuah pernyataan dari FIA.

Selain itu, akan ada perubahan untuk memulai sesi latihan, kualifikasi, dan race di Eropa. Seperti free practice (FP) pertama akan berlangsung dari pukul 10 pagi hingga 11 pagi, FP2 dimulai pukul 14.00 waktu setempat sampai 15.00, dan FP3 pada pukul 11 hingga tengah hari. Sementara untuk kualifikasi akan diadakan pada Sabtu sore sekira pukul 15.00.

Klik di sini: Indonesia Kirimkan Enam Wakil di Perempat Final India Terbuka 2018

Secara historis, balapan itu sendiri akan dimulai pada pukul 2 siang waktu setempat di Eropa. Itu berarti mundur satu jam dari sebelumnya.

"Penelitian telah mengindikasikan bahwa pemirsa TV yang lebih luas dapat dijangkau pada sore hari. Terutama pada musim panas. Akibatnya, kami memindahkan jadwal setiap sesi lebih lambat satu jam sepanjang akhir pekan untuk masing-masih seri di Eropa," lanjut pernyataan tersebut.

Sedangkan Singapura tetap akan memainkan balapan malam mulai pukul 20.10 waktu setempat. Bahrain akan memulai balapan 13 menit setelah matahari terbenam. Sedangkan berbeda dengan yang lain, F1 GP Monaco akan memulai latihan (FP) sejak Kamis.


Sumber F1i

Atlet Panahan Puas dengan Lapangan Baru GBK



(ACF)