Jelang F1 Abu Dhabi

Hamilton Harus Main Strategi jika Ingin Menang Seri dan Juara Dunia

Ahmad Garuda    •    24 November 2016 13:24 WIB
f1 abu dhabi
Hamilton Harus Main Strategi jika Ingin Menang Seri dan Juara Dunia
Lewis Hamilton harus pakaiu strategi jika ingin mencuri titel juara dunia musim ini. MTVN

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Finish di urutan pertama mungkin takkan begitu sulit bagi Lewis Hamilton dalam kondisi mobil yang sangat kompetitif saat ini. Tapi untuk meraih titel juara dunia, rasanya masih akan sulit. Dari simulasi yang ada, sekitar 90 persen peluangnya ada di Nico Rosberg.

Tapi menurut Prinsipal tim Red Bull Racing, Christian Horner, bahwa peluang Hamilton meraih titel juara dunia, akan tergantung seberapa besar upayanya menerapkan trik cerdas. Beberapa di antaranya adalah menggunakan bantuan dari kedua pembalap tim Red Bull Racing, yaitu Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Atau memainkan strategi pit stop jika terjadi kecelakaan yang membuat safety car harus masuk ke lintasan.

"Saya berpesan kepada kedua pembalap kami, bahwa mereka harus balapan dengan sangat baik. Siapa pun yang jadi juara dunia itu bukan urusan kami dan kami juga tak punya kepentingan apa pun dengan itu. Bisa saja kami jadi teman dekat Hamilton saat balapan usai, jika saja kami berhasil membuat Rosberg tak masuk di posisi finish podium," klaim Horner.

"Hamilton harus cerdas memanfaatkan strategi saat balapan. Tidak ada juga gunanya Ia berada di urutan terdepan dengan jarak yang cukup jauh namun Rosberg mash bisa finish di urutan podium. Ia harusnya lebih melihat peluang pembalap kami berada di depan Rosberg. Minimal membuat Rosberg terlempar di posisi kelima di awal balapan. Itu pun Ia bisa dengan mudah menyusul kedua pembalap di depannya saat balapan berlangsuing.

Namun risiko mengaplikasikan strategi seperti ini, juga akan sangat tinggi. Mengingat jika Ia sukses menahan rekan setimnya, belum tentu bisa menyusul kedua pembalap tim Red Bull jika jaraknya cukup jauh. l


(UDA)